5 Kontroversi Jessica Jung Gegara Novel Shine hingga Bright

Tia Agnes Astuti - detikHot
Kamis, 12 Mei 2022 19:04 WIB
Jessica Jung
Foto: dok. Instagram @jessica.syj
Jakarta -

Jessica Jung kembali menuai kontroversi gara-gara sekuel dari novel Shine yang baru saja dirilisnya. Fans Indonesia pun tengah membicarakan mengenai karya terbaru yang diduga kuat memunculkan alasan dirinya keluar dari member SNSD.

Akhir Januari 2021, redaksi detikcom mewawancarai Jessica Jung dan mengobrol mengenai profesi terbarunya sebagai penulis novel.

Jessica Jung yang bersinar karena debut sebagai anggota Girls Generation atau SNSD pada 2007. Bermula sebagai trainee selama 7 tahun di bawah naungan SM Entertainment.

Berikut 5 kontroversi Jessica Jung terkait novel Shine hingga Bright yang diterbitkannya, seperti dirangkum redaksi:

1. Peluncuran Novel Bright

Bright merupakan sekuel dari novel Shine yang pertama kali lahir. Sejak 2020, Jessica Jung mengungkapkan kecintaannya dengan dunia tulis menulis.

Protagonis di novel tersebut bernama Rachel Kim, dan sejumlah fans menilai adanya kesamaan antara Jessica Jung dengan karakter utama di buku yang ditulisnya. Rachel Kim diceritakan debut di grup yang terdiri dari sembilan orang di bawah naungan agensi terbesar di Korea Selatan.

Jessica Jung baru saja merilis sekuel untuk Shine yang diberi judul Bright. Berdasarkan sinopsis dari buku tersebut, Rachel Kim debut bersama grup Girls Forever, yang merupakan grup paling terkenal di dunia, dan Rachel mulai menjadi sorotan karena busana yang dikenakannya di bandara menjadi viral.

2. Anggapan Kisah Nyata

Sebelum peluncuran novel Bright, karya perdana Jessica Jung juga menuai kontroversi. Karyanya dianggap bukan murni sebagai fiksi.

Saat Bright rilis pun, sejumlah fans menduga adanya kemungkinan buku tersebut terinspirasi dari kisah nyata. Bukan bergenre fiksi seperti yang dipromosikan oleh penerbit.

Netizen pun mulai membicarakan sejumlah paragraf yang menimbulkan kekhawatiran, salah satunya ketika Rachel Kim mendapatkan kritikan dari para member grup karena dinilai tidak lagi punya komitmen bersama Girls Forever.

Manajer grup tersebut diceritakan menjelaskan kepada Rachel Kim bahwa para member menolak untuk tampil di atas panggung bersamanya. Hal ini membuat pihak agensi memilih untuk mengeluarkan Rachel dari grup.

3. Ide Cerita Sejak Lama

Dalam wawancara dengan detikcom, Jessica Jung mengatakan ide cerita mengenai novelnya sudah terpendam sejak lama. Dia sengaja ingin membagikan kepada para penggemar di seluruh dunia.

"Saya juga tidak ingin terlalu membosankan dengan cerita yang saya tulis, saya ingin lebih menyenangkan bahkan remaja lain yang seumuran Rachel juga bisa baca dan menikmatinya," terangnya.

"Oleh karena itu, saya mencoba untuk menuliskan cerita fiksi tersebut lewat novel Shine," lanjut Jessica Jung.

(Baca halaman berikutnya)



Simak Video "Duduk Perkara Gugatan Utang yang Jerat Brand Fashion Jessica Jung"
[Gambas:Video 20detik]