JK Rowling Galang Dana Buat Ukraina, Terkumpul Rp18 Miliar

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 27 Apr 2022 17:49 WIB
JK Rowling
JK Rowling secara tegas membela masyarakat yang terdampak akibat perang Ukraina melawan Rusia. Foto: Facebook JK Rowling
Jakarta -

Di tengah cuitan kontroversi mengenai transgender yang tak berhenti dalam akun resmi JK Rowling, terselip berita menggembirakan. Novelis sekaligus pencipta Harry Potter itu ternyata mendukung pemerintah Ukraina dan secara tegas menolak peperangan.

Saat ini, dia tengah mengumpulkan dana bagi masyarakat Ukraina yang terdampak perang.

"Terima kasih buat semua orang yang telah berdonasi di @Lumos Ukraina. Kami telah menggalang dana hampir sekitar Rp18 miliar dan telah saya cocokkan dengan total pendaan," cuit JK Rowling seperti dilihat detikcom, Rabu (27/4/2022).

JK Rowling kembali melanjutkan kalau dirinya mendukung penyelamatan kepada anak-anak yang terkena dampak perang melawan Rusia. Mulai dari pasokan makanan, obat-obatan, dan konseling akibat trauma.

Dalam situs yang dibagikan JK Rowling, ia menegaskan mendukung pemerintah Ukraina untuk mereformasi sistem pengasuhan dan melindungi anak-anak yang rentan sekaligus mencegah berpisah dengan keluarganya.

"Invasi oleh pasukan Rusia berarti lebih banyak anak-anak yang sekarang dalam bahaya," lanjut JK Rowling.

Yayasan Lumos telah bekerja secara ekstensif di wilayah Zhytomyr Ukraina atau sebelah barat Ibu Kota Kyiv, daerah yang sekarang tengah diserang pasukan Rusia. Sebelum invasi, ada lebih dari 1.500 anak yang terperangkap di panti asuhan wilayah tersebut.

Yayasan milik JK Rowling juga menyebutkan ada sekitar 100.000 anak tinggal di panti asuhan negara tersebut.

Anak-anak di Ukraina, lanjut JK Rowling, kini menghadapi masa depan yang tidak pasti. Mereka juga berisiko mengungsi dan berpisah dengan keluarganya.

"Kami sangat membutuhkan dukungan Anda untuk membantu melindungi sebanyak mungkin anak dengan menyediakan makanan darurat, peralatan kebersihan dan medis, dan dengan membantu mendukung keluarga dan wali asuh untuk merawat anak-anak yang terlantar dan trauma," tutur keterangan JK Rowling melalui Yayasan Lumos.



Simak Video "Saat Putin Bandingkan Nasib Rusia dengan Penulis Harry Potter"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/aay)