ADVERTISEMENT

25 Tahun Mangkrak di Rak, Edisi Pertama Buku Harry Potter Laku Rp 1,3 Miliar

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 11 Mar 2022 13:06 WIB
Buku langka Harry Potter
Buku langka edisi pertama Harry Potter laku terjual Rp 1,3 miliar. Foto: Istimewa
Jakarta -

Edisi pertama buku Harry Potter and the Philosopher's Stone selalu menarik perhatian kolektor dari penjuru dunia. Bukunya menjadi langka karena hanya tersedia 500 eksemplar.

Seorang pria pensiun direktur pedagang kertas yang berusia 68 tahun menyimpan edisi langka itu di rak buku. Sampulnya memakai plastik dan diawetkan dengan sempurna. Selama 25 tahun, buku itu sama sekali tidak terjamah manusia.

Suatu hari, ia ingin mengembalikannya ke sebuah toko buku Inggris dan meminta biaya Rp 244 ribu. Tapi yang didapatkan justru berbeda.

Bukunya malah dilelang di Hansons Auctioneers di Derbyshire, Inggris. Salinan langka itu ditawar oleh penawar anonim asal Amerika Serikat dan laku terjual Rp 1,3 miliar.

"Saya memutuskan untuk menyimpan buku itu karena menganggap ada banyak kesalahan ketik. Itu adalah momen takdir," katanya dilansir dari Daily Mail, Jumat (11/3/2022).

Dia yang juga seorang kolektor buku tak menyangka, salinan langka Harry Potter bakal terjual miliaran rupiah.

"Saya membawanya pulang dan menyelipkannya dalam kegelapan di rak buku yang tinggi agar tidak mengintip, tetapi yang lebih penting, karena kertas dalam buku itu berkualitas buruk. Saya diberitahu untuk menjauhkannya dari sinar matahari untuk mencegahnya menjadi coklat," katanya.

"Aku benar-benar menjaganya. Itu dalam kondisi terbaik yang mungkin bisa - hampir sempurna menurut saya. Itu belum pernah dibaca," sambung pria tersebut.

Juru lelang Charles Hanson mengatakan 500 eksemplar edisi langka buku Harry Potter merupakan salinan terbaik sepanjang sejarah.

"Kondisinya cukup fenomenal. Ini rapi dan tak tertandingi," katanya.

Buku Harry Potter itu menjadi langka karena mengandung beberapa kesalahan pengetikan. Termasuk kata 'satu tongkat' yang dicetak dua kali pada daftar barang yang dibutuhkan Harry untuk sekolah Hogwarts di halaman 53.

Kesalahan lainnya juga terlihat dalam kalimat 'Wizardry and and witchcraft' yang terdapat di sampul belakang. Ada variasi halus dari judul 'Hogwarts school of witchcraft and wizardry' yang ditampilkan dalam buku.

Edisi pertama itu terbit di penghujung 1997 dan dicetak sekitar 500 eksemplar. Pencipta Harry Potter, JK Rowling, mengatakan sebanyak 300 kopi diberikan kepada perpustakaan dan sekolah di Inggris serta sisanya ke toko buku.



Simak Video "JK Rowling Dapat Ancaman Pembunuhan Usai Beri Dukungan ke Salman Rushdie"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT