5 Kontroversi JK Rowling, Isu Transfobia hingga Antisemitisme

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 06 Jan 2022 18:28 WIB
JK Rowling
JK Rowling Foto: Facebook JK Rowling
Jakarta -

JK Rowling tengah menuai kontroversi karena dituding antisemitisme. Pembawa acara sekaligus komedian Jon Stewart menuduh JK Rowling anti-Yahudi gara-gara karakter Goblin yang dibuatnya.

Sebelum isu antisemitisme menyeruak, JK Rowling sudah berkali-kali menuai pro dan kontra. Berikut 5 kontroversi yang dibuat JK Rowling seperti dirangkum detikcom:

1. Tagar RIP JK Rowling

#RIPJKROWLING merajai trending topic Twitter Indonesia dan Amerika Serikat sepanjang hari ini. Tagar itu trending bukan karena sang penulis meninggal dunia tapi karena novel terbaru JK Rowling yang kontroversial.

JK Rowling atau Robert Galbraith merilis novel Troubled Blood yang merupakan angsuran kelima seri Cormoran Strike.

2. Cuitan Antitransgender

Penulis Harry Potter itu kembali mengomentari berbagai hal soal komunitas transgender setelah merespons dua komunitas yang menyatakan tak lagi mendukungnya.

Dalam cuitan panjang dan berseri, JK Rowling mengatakan ada banyak pengobatan kesehatan mental pada masyarakat transgender. Pengobatan dan masalah kesehatan ini yang tidak diangkat oleh aktivis transgender.

3. Ditentang Bintang Harry Potter

Sebagian besar bintang Harry Potter menentang pendapat JK Rowling soal cuitan antitransgender. Ada Daniel Radcliffe, Rupert Grint sampai Emma Watson.

4. Ngaku Alami KDRT

Di tengah isu cuitan antitransgender, JK Rowling pernah mengalami KDRT. Ia pernah menikahi seorang jurnalis televisi bernama Jorge Arantes. Keduanya bertemu di tahun 1992 dan menikah pada Oktober di tahun yang sama.

Ternyata Arantes pernah menampar JK Rowling di malam saat keduanya berpisah.

"Aku harus menyeretnya keluar dari rumah pukul lima pagi. Aku akui telah menamparnya dengan sangat keras di jalan," kata Arantes.

5. Antisemitisme

Tudingan antisemitisme dilontarkan oleh Jon Stewart. Dalam Podcast terbaru, ia mengatakan ada kemiripan penggambaran Goblin dalam seri novel Harry Potter dan buku The Protocols of the Elders of Zion.

Podcast itu diluncurkan akhir Desember 2021 dan baru viral belakangan ini. Dalam Podcast-nya, dia mengatakan orang-orang yang tidak menyukai orang Yahudi masih berada di tempat mereka.

"Beginilah cara Anda mengetahui orang-orang Yahudi masih berada di tempat mereka. Berbicara dengan orang-orang, inilah yang saya katakan: Pernahkah Anda melihat film 'Harry Potter'? Pernahkah Anda melihat adegan di Gringotts Bank? Apakah Anda tahu siapa orang-orang yang menjalankan bank itu? Yahudi!" ucap Jon Stewart.

Namun kini Jon Stewart membantah tudingan tersebut dan kembali mengklarifikasinya.

(tia/dar)