Jadi Viral, Tuduhan JK Rowling Antisemitisme Diklarifikasi Tak Benar

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 06 Jan 2022 11:28 WIB
JK Rowling
JK Rowling dituding antisemitisme gara-gara karakter Goblin dalam novel Harry Potter. Foto: Instagram @jkrowling_official
Jakarta -

Pembawa acara sekaligus komedian asal Amerika, Jon Stewart akhirnya mengklarifikasi tuduhan antisemitisme yang dilontarkan pada JK Rowling. Usai tudingan itu viral di dunia maya, ia mengoreksi kembali perkataannya.

Dalam sebuah video pendek yang diunggah ke akun Twitter, Jon Stewart mengoreksi opininya tentang JK Rowling.

"Saya tidak berpikir JK Rowling adalah seorang antisemitisme. Saya tidak menuduhnya begitu," kata Jon Stewart dalam video di Twitter, seperti dilihat detikcom.

Dia pun kembali menegaskan hal lainnya, "Saya tidak berpikir film Harry Potter antisemitisme. Saya sangat menyukai film Harry Potter, mungkin terlalu banyak untuk pria seusia saya."

"Saya tidak bisa cukup menekankan hal ini. Saya tidak menuduh JK Rowling adalah antisemitisme. Dia tidak perlu menjawab semua itu. Saya juga tidak ingin film Harry Potter disensor dengan cara apapun, itu adalah percakapan yang ringan," tegasnya.

Jon Stewart mengklarifikasi obrolannya dalam Podcast yang membuat heboh tersebut. Dia mengungkapkan opini dalam Podcast terbarunya adalah percakapan ringan di antara rekan kerja dan sahabat tentang bagaimana rasanya pertama kali menonton film Harry Potter sebagai pria Yahudi.

Dalam Podcast, ia mengatakan tampilan atau penggambaran karakter Goblin dituduh antisemitisme.

Dia membuat perbandingan antara Goblin dalam semesta Harry Potter yang digambarkan dan ilustrasi antisemit yang ada di buku terbitan 1903 berjudul The Procolos of the Elders of Zion.

Podcast itu diluncurkan akhir Desember 2021 dan baru viral belakangan ini. Dalam Podcast-nya, dia mengatakan orang-orang yang tidak menyukai orang Yahudi masih berada di tempat mereka.

"Beginilah cara Anda mengetahui orang-orang Yahudi masih berada di tempat mereka. Berbicara dengan orang-orang, inilah yang saya katakan: Pernahkah Anda melihat film 'Harry Potter'? Pernahkah Anda melihat adegan di Gringotts Bank? Apakah Anda tahu siapa orang-orang yang menjalankan bank itu? Yahudi!" ucap Jon Stewart.

"Dan mereka seperti, 'Oh, (ilustrasi itu) dari Harry Potter!' Dan Anda seperti, 'Tidak, itu karikatur seorang Yahudi dari karya sastra antisemit.' J.K. Rowling berkata, 'Bisakah kita membuat orang-orang ini menjalankan bank kita?' Ini adalah dunia sihir. Kita bisa menunggangi naga, kamu bisa memelihara burung hantu. Tapi siapa yang harus mengelola bank? Yahudi. Tapi bagaimana jika giginya lebih tajam?" ucap Jon Stewart dalam Podcast-nya tersebut.



Simak Video "Bakal Ada Lebih Banyak Spin-Off Harry Potter? Ini Kata Warner Bros"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)