ADVERTISEMENT

MangaPlus, Layanan Populer Buat Baca Manga One Piece hingga Boruto

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 21 Apr 2022 16:30 WIB
Aplikasi MANGA Plus terbitan Shueisha
Mangaplus (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Layanan situs terpopuler MangaPlus menjadi andalan bagi pencinta manga untuk membaca komik. Setiap harinya, website resmi yang diterbitkan oleh Shueisha menjangkau para pembacanya di seluruh dunia.

MangaPlus pun tengah dibicarakan netizen Indonesia sepanjang hari ini sampai trending topic Google.

Pada Januari 2019, MangaPlus diluncurkan oleh Shueisha secara global. Beritanya saat itu menghebohkan karena MangaPlus mempublikasikan 50 judul komik secara gratis dan tidak memungut biaya apapun.

Para pecinta manga bisa membacanya dalam berbagai pilihan bahasa, mulai dari Inggris, Spanyol, Thailand, Portugis Brasil, Indonesia sampai Rusia.

Untuk bahasa Indonesia ada 5 manga yang bisa dibaca secara gratis. Ke depannya, Shueisha merencanakan bakal menambahkan lebih banyak konten dalam bahasa baru.

Layanan MangaPlus memuat berbagai manga yang terbit setiap pekan sampai bulan. Ada Boruto: Naruto Next Generations yang kini mencapai bab ke-69 dan terbit kemarin di Mangaplus.

Manga One Piece karya Eiichiro Oda juga selalu menjadi incaran pencinta komik setiap akhir pekan. Ada lagi Jujutsu Kaisen sampai My Hero Academia yang bisa diakses secara global. Sayangnya ada banyak tantangan dalam layanan Mangaplus.

Editor Shueisha yang mengelola layanan online Shonen Jump+ dan MangaPlus, Yuta Momiyama mengatakan ada banyak halangan dan tantangan.

"Prioritas kami adalah membuat versi resmi manga semudah mungkin untuk bisa dibaca pembaca manga di seluruh dunia daripada memonetisasi platform," ucap Yuta Momiyama, dilansir dari berbagai sumber.

Menurutnya, pihak Shueisha ingin meminimalisir dampak dari pembajakan dan menutup kesenjangan waktu terbitan manga di Jepang dan mancanegara.

"Lisensi luar negeri untuk adaptasi layar lebar saat ini sangat menguntungkan, dan popularitas manga di MangaPlus sekarang menjadi faktor menentukan apakah serial tersebut mendapatkan adaptasi anime," sambungnya lagi.

Sampai saat ini, pengguna bulanan aktif situs MangaPlus ada 5 juta. Setiap kali bab terbaru rilis dari serial terpopuler ada 1 juta pembaca yang langsung membacanya.

Aplikasi gratis MangaPlus bisa diunduh dan dibaca langsung. Pembaca pun bisa membeli volume buku yang dikompilasi untuk judul-judul tertentu

Ke-50 judul komik yang terbit di antaranya adalah manga terpopuler di Jepang One Piece, The Promised Neverland, My Hero Academia, Haikyu!!, BORUTO, Hunter x Hunter, Dragon Ball Super, Yu-Gi-Oh! Arc-V sampai Black Clover.

Selain itu ada 13 judul komik yang sudah selesai terbit dan bisa dibaca oleh pengguna MangaPlus. Mereka adalah Naruto, Bakuman, Rosario+Vampire, Nisekoi, Claymore, Tokyo Ghoul, One Piece Part 1, Assassination Classroom, Death Note, Dragon Ball, Rurouni Kenshin: Meiji Swordsman Romantic Story, Bleach, dan Jojo's Bizarre Adventure.

(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT