ADVERTISEMENT

Webtoon A Business Proposal Nggak Kalah Menarik, Dibaca 450 Juta Kali!

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Jumat, 18 Mar 2022 18:52 WIB
Webtoon A Business Proposal
(Foto: dok. kakaopage) Di Korea Selatan, Jepang, Amerika Serikat, hingga Indonesia, webtoon ini dibaca lebih dari 450 juta kali sejak perilisannya hingga Februari 2022.
Jakarta -

Drama Korea yang diangkat dari webtoon A Business Proposal kini tengah dibicarakan dan digemari. Diperankan oleh Kim Sejeong dan Ahn Hyo Seop, drama Korea ini bisa disaksikan di platform streaming Netflix. Tak hanya drakornya saja yang menarik, materi webtoon-nya ternyata juga sangat populer.

Cerita versi adaptasi drama televisi mirip dengan webtoon. Berawal dari Shin Ha Ri yang mengikuti kencan buta untuk membantu temannya menjauhkan calon pria yang dijodohkan keluarga temannya tersebut. Tapi dia tidak tahu bahwa pria itu merupakan CEO tempat Ha Ri bekerja. Sang CEO, Kang Tae Moo, sangat membenci dua hal: kebohongan dan romansa kantor. Sehingga kisah romansa mereka dibalut komedi meski pada akhirnya Ha Ri menggunakan identitas palsu.

A Business Proposal pertama kali dirilis tahun 2017 dalam bentu web novel. Setahun kemudian, Kakao Entertainment mengubah formatnya jadi webtoon dan mulai mencuri perhatian pecinta komik web tersebut. Alhasil di Korea Selatan, Jepang, Amerika Serikat, hingga Indonesia, webtoon ini dibaca lebih dari 450 juta kali sejak perilisannya hingga Februari 2022.

Webtoon A Business ProposalWebtoon A Business Proposal Foto: dok. kakaopage

Kakao Entertainment memang punya misi besar buat memperluas konten properti intelektual mereka agar bisa lebih menjangkau banyak kalangan dan pecinta konten. Sebelum A Business Proposal, webtoon yang dirilis eksklusif Kakao Entertainment yang sudah diadaptasi ke serial TV antara lain Itaewon Class dan The Uncanny Counter. Ada pula yang diadaptasi jadi film yakni Space Sweepers yang diperankan Song Joong Ki dan Kim Tae Ri.

Popularitas drama Korea A Business Proposal selaras dengan webtoon-nya yang kini bisa dibaca dalam bahasa Indonesia di kakaopage Indonesia. Lewat halaman tersebut, webtoon ini sudah dibaca lebih dari 1 juta pembaca dan dilihat hampir 200 juta kali.

"Dengan suksesnya perilisan drama ini dan bagi penonton yang menikmati ceritanya, kami sangat menyarankan Anda untuk juga melihat cerita aslinya melalui 'kakaopage' untuk mengeksplorasi kisahnya lebih dalam," kata perwakilan 'kakaopage' Indonesia dalam rilis resmi mereka.

Suksesnya webtoon A Business Proposal juga membuat penulisnya, Haehwa, tak sabar buat melihat adaptasi drakornya rampung. Dia pun ingin cerita yang dihadirkan dalam format drama televisi bisa sama-sama menghibur penonton seperti halnya webtoon.

"Saya sangat menantikan 'A Business Proposal' muncul sebagai sebuah serial drama setelah sebelumnya dalam format webtoon. Saya berharap drama tersebut dapat memberikan rasa gembira kepada para penontonnya," ucap Haehwa, novelis web yang menuliskan cerita asli A Business Proposal.

(aay/mau)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT