ADVERTISEMENT

Viral Kalimat Oi Kiyomasa Nande Nande Gambare Gambare Baka, Apa Sih Artinya?

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 08 Feb 2022 16:08 WIB
Manga Tokyo Avengers
Kalimat dalam manga Tokyo Revengers tengah populer di TikTok sampai trending Google Indonesia. Foto: Istimewa
Jakarta -

Kalimat penuh makna dari manga Tokyo Revengers tiba-tiba saja viral di jagat maya. Gara-gara TikTok, kalimat Oi Kiyomasa Nande Nande Gambare Gambare Baka pun terpopuler.

Sebenarnya apa sih arti kalimat Oi Kiyomasa Nande Nande Gambare Gambare Baka?

Cuplikan kalimat berbahasa Jepang itu kerap disematkan oleh pengguna TikTok. Kalimat itu pun sepanjang hari ini viral dalam trending topic Google Indonesia, apa ya artinya?

Kalimat 'Oi Kiyomasa Nande Nande Gambare Gambare Baka' dalam bahasa Indonesia artinya, 'Hei Kiyomasa, ada apa bodoh? Ayo tetap semangat'.

Banyak yang tak tahu kalau kalimat itu adalah bahasa gaul ala Jepang. Setelah kata sapaan kepada karakter dalam Tokyo Revengers, ada kata 'nande nande' yang berasal dari kata 'doushite' atau artinya mengapa.

Sedangkan kata 'baka' berarti bodoh atau kurang pintar. Ada kali kata 'gambare gambare' yang sengaja disebut dua kali dan berasal dari kata 'ganbatte' yang artinya adalah 'penyemangat' agar orang lain bisa melakukan sesuatu.

Potongan adegan itu ada dalam penggalan komik dan anime Tokyo Revengers. Kalimat sudah dipakai di platfom TikTok sejak awal 2022.

Kiyomasa diketahui salah satu karakter dalam manga Tokyo Revengers. Dia punya nama lengkap Masataka Kiyomizu dan nama Kiyomasa adalah nama panggilannya.

Dia adalah pemimpin geng Kiyomasa dan sebelumnya adalah anggota Toman yang diketuai oleh Mikey.

Awal tahun ini, Tokyo Revengers menjadi manga terpopuler di pasaran. Dia masuk dalam jajaran manga terpopuler berdampingan dengan One Piece, Boruto: Naruto Next Generations sampai Jujutsu Kaisen yang tengah bersinar.

Manga Tokyo Revengers sukses menerbitkan 40 juta kopi dalam bentuk digital. Menurut data Kodansha Comics, Tokyo Revenger sukses terjual 5 juta kopi pada September 2020. Angkanya melonjak dua kali lipat pada Maret 2021 namun bertambah lagi sebanyak 14,5 juta kopi di Mei 2021 saat animenya tayang.

Pada Juli 2021, manga Tokyo Revengers terjual 32 juta eksemplar yang beredar. Manga ini terbit pertama kalinya di Majalah Shonen Kodansha pada Maret 2017 dan menerbitkan volume kompilasi ke-25 pada 17 Desember 2021.

Tokyo Revengers menceritakan tentang Takemichi Hanagaki yang mengetahui secara mendadak mantan kekasihnya, Hinata Tachibana meninggal dunia. Satu-satunya kekasih yang pernah dimiliki itu dibunuh oleh kelompok jahat yang terkenal sebagai Geng Tokyo Manji.



Simak Video "One Piece Masih Jadi Manga Terlaris"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT