Laksmi Pamuntjak Luncurkan Podcast Kitab Kawin, Siapkan 12 Episode dari 6 Tema

ADVERTISEMENT

Laksmi Pamuntjak Luncurkan Podcast Kitab Kawin, Siapkan 12 Episode dari 6 Tema

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 21 Jan 2022 10:20 WIB
Laksmi Pamuntjak
Laksmi Pamuntjak meluncurkan Podcast Kitab Kawin. Foto: Laksmi Pamuntjak
Jakarta -

Sejak akhir 2021, novelis Laksmi Pamuntjak meluncurkan Podcast Kitab Kawin yang diambil dari judul buku kumpulan cerpennya. Siniar yang membahas isu-isu tentang perempuan, perkawinan, dan isu-isu sosial ini menyapa pembaca dalam medium berbeda.

Ada 12 episode dari 6 tema besar yang disiapkan novelis Amba tersebut. Setiap tema dibagi menjadi dua episode, bagian pertama menampilkan pembacaan nukilan cerpen dan proses kreatif di baliknya. Selanjutnya ada bincang-bincang dengan sejumlah narasumber.

Dalam presstalk yang diselenggarakan virtual kemarin, Laksmi Pamuntjak mengatakan siniar ini menjadi upaya untuk memperluas tema-tema penting seputar perempuan.

"Saya selalu percaya pada kekuatan fiksi yang dapat membantu membangun isu-isu sosial tapi ketika cerita itu sudah diterbitkan, saya masih merasa kurang lengkap," ungkapnya.

Cerita-cerita itu dituliskan Laksmi Pamuntjak berdasarkan cerita yang didengar dari teman, kerabatnya, maupun media massa. Ada permasalahan tentang perkawinan anak, KDRT, kekerasan seksual, dan lain-lain.

"Isu-isu itu butuh ruang untuk disuarakan," sambung Laksmi.

Ide mengenai Podcast pun mencuat karena bisa memadukan antara fiksi dan cerita nyata di sekelilingnya. Menurutnya, Podcast Kitab Kawin mampu memberikan suara bagi pakar, penyintas, dan perempuan yang ingin secara personal angkat suara tentang tema-tema tersebut.

"Misalnya tentang bentuk-bentuk komitmen seperti domestic partnership dan unsur-unsur yang ada dalam perkawinan. Seperti poligami, perselingkuhan, tapi juga yang hepi-hepi, seperti apa yang membuat perkawinan itu langgeng," tambahnya.

Siniar Kitab Kawin yang bekerja sama dengan Gramedia Pustaka Utama (GPU) dan Podluck Podcast, sampai penayangan episode ketujuh sudah menjangkau lebih dari 1.500 pendengar dari berbagai wilayah di Indonesia.

Dalam Presstalk, Helga Worotitjan dan Ade Kusumaningrum turut hadir menyuarakan isu personal tentang dirinya.

Helga hadir dalam episode keenam dan menyuarakan agar perempuan tergerak untuk memberantas Kekerasan Seksual dalam segala hal. Ade Kusumaningrum berbicara tentang pengalamannya saat coming out kepada ibunya dan mengaku sebagai lesbian.

Podcast Kitab Kawin bersama Laksmi Pamuntjak mulai disiarkan di Spotify pada 18 November 2021.



Simak Video "Roro Fitria Blak-blakan soal Video Porno Andri Irawan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT