Kenalan dengan Moon Knight, Sosok Baru di Marvel Cinematic Universe

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 19 Jan 2022 12:03 WIB
Komik Moon Knight
(Foto: dok. Marvel Comics) MCU kedatangan sosok baru dari Marvel Comics yakni Moon Knight. Begini awal ceritanya hingga dapat kekuatan dari dewa Mesir.
Jakarta -

Marvel Studios secara resmi merilis trailer Moon Knight, serial Disney+ dari Marvel Cinematic Universe yang akan segera tayang. Karakter Moon Knight akan diperankan oleh Oscar Isaac.

Moon Knight merupakan salah satu karakter dari Marvel Comics yang pertama kali diperkenalkan pada Agustus 1975 lewat komik Werewolf by Night volume 32. Komik solo pertamanya dirilis 1980 dan digarap oleh Doug Moench dan Bill Sienkiewicz. Karakter ini juga pernah tampil di komik Spectacular Spider-Man volume 22 dan 23 pada 1978 dan komik The Defenders volume 47 hingga 51. Di komik kedua yang disebutkan, Moon Knight bergabung dengan pada Defenders buat melawan Zodiac.

Di komik solonya, Marc Spector dikisahkan sebagai seorang laki-laki yang dibesarkan oleh rabbi di kawasan miskin Chicago. Setelah dewasa dia bergabung dengan angkatan laut AS namun dikeluarkan dari militer karena kondisi mental yang tidak stabil. Dia akhirnya jadi prajurit bayaran dan melakukan misi-misi penyelamatan hingga pembunuhan di kawasan Afrika. Ketika berhadapan dengan salah satu musuh, dia terluka parah dan nyaris mati di salah satu gurun di Mesir. Di penghujung kehidupannya dia sampai di makam dewa bulan Mesir, Khonsu, dan mengembuskan napas terakhirnya di sana.

Roh Marc Spector kemudian bertemu dengan Khonsu. Dewa bulan itu menawarkan kehidupan dengan syarat Marc Spector harus jadi abdinya seumur hidup.

Setelah setuju dengan persyaratan tersebut, Marc Spector hidup lagi namun kini sebagai manusia super. Dia punya kemampuan yang luar biasa dan matanya pun bercahaya perak seperti cahaya bulan. Marc Spector pun jadi Moon Knight dengan sederet kemampuan seperti kecepatan, kekuatan, dan ketahanan.

Kekuatan super lain yang dia miliki adalah menyerap kekuatan dari superhero Marvel yang lain untuk dia gunakan seperti dari Doctor Strange, Ghost Rider, hingga Spider-Man. Moon Knight juga tidak bisa mati karena perjanjian yang dia buat dengab Khonsu. Dewa bulan itu telah berkali-kali membangkitkannya dari kematian.

Komik Moon KnightKomik Moon Knight Foto: dok. Marvel Comics

Dalam trailer Moon Knight yang dirilis Marvel Studios, kita bisa menyaksikan pergulatan hidup dari Marc Spector yang mengidap DID (Dissociative Identity Disorder) atau gangguan kepribadian. Sederet kepribadiannya ditampilkan dalam durasi singkat, diwarnai juga dengan aksi brutal dan ketegangan yang semakin terbangun lewat musik yang diputar.

Buat mereka yang tidak mengikuti cerita komiknya, serial Moon Knight menjanjikan sebuah cerita latar belakang yang padat dan seru. Fans juga memuji bagaimana Marvel Studios mengadaptasi Moon Knight ke live action dari adegan-adegan di trailer lantaran sangat berbeda dengan perilisan terdahulu. Serial ini terasa lebih gelap dan lebih brutal. Usaha Marvel Studios dalam mempertahankan nuansa komiknya pun menjadikan fans makin penasaran dengan hasil akhir serial ini.

[Gambas:Youtube]

Moon Knight akan tayang di Disney+ Hotstar pada 30 Maret 2022.

(aay/wes)