Cetak Rekor! Halaman Komik Spider-Man Laku Rp 48 Miliar

ADVERTISEMENT

Cetak Rekor! Halaman Komik Spider-Man Laku Rp 48 Miliar

Tia Agnes - detikHot
Senin, 17 Jan 2022 12:03 WIB
Komik Spider-Man Laku Terjual Ro 48 Miliar
Halaman komik Spider-Man laku senilai Rp 48 miliar. Foto: Heritage Auctions/ Istimewa
Jakarta -

Satu halaman karya seni asli dari tahun 1984 yang menampilkan Spider-Man mencetak rekor. Penjualan mencapai angka RP 48 miliar menjadikan Spider-Man sebagai pahlawan super lelang terkuat di dunia.

Halaman yang bersejarah itu menampilkan debut Spider-Man dari setelan symbiote hitam Spidey yang nantinya mengarah pada penciptaan Venom anti-pahlawan dalam karya seni Mike Zeck. Komik yang dijual berjudul Marvel Super Heroes Secret Wars Nomor 8.

Heritage Auctions dalam keterangan pelelangan juga mengumumkan halaman tersebut adalah pengungkapan besar yang ada di sampul komik.

"Di sinilah Peter Parker benar-benar mendapatkan kostum hitam barunya yang keren," kata Heritage Auctions, dilansir dari berbagai sumber.

"Tapi itu kostum dengan rahasia! Karena sebentar lagi ternyata punya agenda sendiri. Inilah asal usul karakter Venom," sambungnya.

Awalnya halaman komik itu dilelang dengan angka senilai Rp 4,7 miliar namun angkanya meningkat puluhan kali lipat.

Sebelumnya rekor pelelangan untuk komik Marvel diraih oleh gambar Wolverine dalam komik The Incredible Hulk. Komiknya pertama kali terbit di tahun 1974 dan laku terjual Rp 9,4 miliar.

Selain itu, komik debut Hulk yang laku senilai Rp 6,4 miliar di pelelangan awal bulan ini juga menjadi pembicaraan penggemar Marvel. Salinan yang berasal dari 1962 tercatat sebagai salinan Marvel yang paling mahal dijual.

Salinan khusus Hulk ini dinilai oleh Certified Guaranty Company (CGC), layanan penilaian buku komik terkemuka di industri dan mendapatkan nilai pada 9.0 Very Fine/Near Mint. Beberapa salinan edisi tinggi yang pernah tersedia, karena hanya tujuh salinan yang dinilai lebih tinggi.

Komik lainnya yang laku dilelang berjudul Action Comics No 1 dari tahun 1938 juga mencetak rekor. Penampilan pertama Superman itu terjual seharga Rp 44 miliar. Rumah lelang Heritage Auctions yang berada di Dallas, Texas, memberikan kabar melalui akun Twitter.

Salinan itu dinilai 6,0 oleh otoritas yang menilai komik CGC. Dua salinan dari edisi buku komik paling terkenal di dunia dengan nilai lebih tinggi dikabarkan paling banyak terjual di balai lelang.



Simak Video "Ketika Karya Seni Berpadu dengan Kecanggihan Teknologi"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT