Remy Sylado Bersyukur Anies Baswedan Bantu Perawatannya

Tia Agnes - detikHot
Senin, 17 Jan 2022 20:04 WIB
Remy Sylado
Remy Sylado segera menjalani operasi hernia besok pagi. Foto: Dok. CNN Indonesia
Jakarta -

Sastrawan Remy Sylado segera menjalani operasi hernia di RSUD Tarakan esok pagi. Selama setahun ke belakang, penyair puisi mbeling itu terbaring lemah tak berdaya karena tidak ada biaya untuk menjalani pengobatan.

Setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membiayai sepenuhnya perawatan Remy Sylado di rumah sakit, istrinya Emmy bersyukur dan akhirnya bisa bernapas lega.

"Saya sangat bersyukur, sudah putus asa, sudah bingung, uang sudah nggak ada. Untuk kebutuhan saja dari mana, saya cuma pasrah dan berdoa sambil menangis," ucap Emmy kepada detikcom.

Tak disangka bantuan itu pun datang dari tangan Pemprov DKI Jakarta. Remy Sylado pun mendapatkan bantuan biaya pengobatan sampai operasi di kamar VIP RSUD Tarakan.

"Tuhan dengar doa saya, saya juga kaget waktu Mas Yos (Jose Rizal Manua) bilang kalau Pak Gub (Anies Baswedan) sedang dalam perjalanan ke rumah. Di situlah Pak Gubernur bilang nggak usah mikirin biaya, nanti kita (Pemprov DKI) yang urus semuanya. Puji Tuhan," tegasnya.

Saat Anies Baswedan bertanya, kapan terakhir berobat ke rumah sakit, Emmy pun menjawab kalau setahun yang lalu atau tepatnya 30 Desember 2020. Setelahnya, Remy Sylado menjalani perawatan jalan di rumah.

"Dokter suruh pulang karena COVID-19 lagi tinggi-tingginya, dokter suruh pulang untuk menjalani akupuntur dengan listrik. Sudah dijalani selama dua bulan tapi terus berhenti. Disuruh kirim fisioterapi dari rumah sakit, sekali datang Rp 250 ribu, itu selama dua bulan," sambungnya.

Tapi karena terkendala biaya, Remy Sylado pun berhenti menjalani fisioterapi. Sejak saat itu, sudah tidak pernah berobat ke dokter maupun rumah sakit.

"Nggak pernah minum obat juga. Saya hanya kasih obat-obatan herbal sampai akhirnya Mas Jose bilang nanti Pak Gub mau datang menjenguk ke rumah. Akhirnya saya ceritakanlah apa adanya ke Pak Anies, 'Kapan terakhir berobat?' Saya bilang Desember 2020," kata Emmy.

Dua bulan lalu, lanjut Emmy, Remy Sylado pun mengeluhkan sakit di bagian kandung kemih ketika mau buang air kecil atau buang air besar. Ternyata dugaan mereka pun benar.

Remy Sylado mengidap penyakit hernia dan harus dioperasi esok hari. "Doakan ya, rencananya besok jam 8 pagi. Mudah-mudahan kondisinya membaik," tukasnya.



Simak Video "Serba-serbi Debut Solo Nayeon TWICE"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)