Sastrawan Remy Sylado Segera Jalani Operasi Esok Pagi

Tia Agnes - detikHot
Senin, 17 Jan 2022 18:27 WIB
Anies Baswedan menjenguk Remy Sylado (Dok istimewa)
Remy Sylado segera dioperasi hernia esok pagi. Foto: Anies Baswedan menjenguk Remy Sylado (Dok istimewa)
Jakarta -

Sejak dua tahun belakangan, kondisi kesehatan sastrawan Remy Sylado terus menurun. Setelah mengalami stroke yang ketiga kalinya, pria yang bernama lengkap Yapi Panda Abdiel Tambayong itu terbaring lemah.

Kini Remy Sylado tengah dirawat di kamar VIP di RSUD Tarakan, Jakarta Pusat.

Istri Remy Sylado, Emmy menuturkan keadannya kini stabil dan segera menjalani operasi hernia esok pagi.

"Sekarang kita sudah di rumah sakit sejak Jumt malam (14/1/2022) dan besokjadi dioperasi," ungkap Emmy ketika dihubungi detikcom, Senin(17/1/2022).

Awalnya rencana menjalani operasi hernia seharusnya digelar pada Sabtuakhir pekan lalu (15/1) namun terkendala tensi tinggi. Tensi pria keturunan Minahasa, Sulawesi Utara itu terus tinggi.

"Kami menunggu kondisinya stabil dan tensi-nya tidak tinggi lagi. Tadi dokter terakhir datang sudah harus puasa nanti malam, siap-siap besok," lanjut Emmy.

"Mudah-mudahan jam 8 pagi sudah bisa dimulai," sambungnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjenguk Remy Sylado di kediamannya kawasan Cipinang, Jakarta Timur, pada Jumat(14/1/2022). Ternyata Remy Sylado sudah lama terbaring sakit namun tidak ada biaya untuk berobat.

Saat itu, Anies Baswedan datang bersama dengan pendiri Teater Tanah Air Jose Rizal Manua.

"Tadi dirujuk ke RS Tarakan, di VIP. Diperlakukan sangat istimewa, karena menurut Pak Anies, Remy Sylado adalah aset bangsa yang karya-karyanya luar biasa," kata pendiri Teater Tanah Air, Jose Rizal Manua, saat dimintai konfirmasi, Jumat(14/1/2022).

Rizal menyebut Remy Sylado sudah lama sakit, terutama di bagian kaki dan perutnya. Namun sayangnya, Remy tak bisa mengobati penyakitnya lantaran memiliki keterbatasan biaya.

"Tubuhnya saja jadi nggak bisa bangun, kakinya bermasalah jadi ada bagian perutnya mungkin ya bermasalah. Itu nggak bisa dideteksi karena nggak ada dana untuk berobat," pungkasnya.



Simak Video "Miss International Queen 2022 Dimenangkan oleh Transgender Filipina"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/ass)