Sastrawan Remy Sylado Kritis

Hanif Hawari - detikHot
Kamis, 19 Nov 2020 10:51 WIB
Remy Sylado
Remy Sylado Foto: Dok. CNN Indonesia
Jakarta -

Kabar tak mengenakkan datang dari sastrawan Remy Sylado. Pria yang diketahui bernama asli Yapi Panda Abdiel Tambayong itu diketahui tengah kritis di rumah sakit.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Humas PARFI, Evry Joe. Dia mengaku mendapat informasi tersebut dari sutradara Dedi Setiadi.

"Iya dia sudah bolak-balik masuk rumah sakit ya. Komplikasi lah sudah umur," kata Evry Joe saat dihubungi detikcom.

Kabar tersebut juga ia dapatkan dari senior di IKJ, Yose Rizal Manu dan Sofian Sani. Mereka pun mengonfirmasi soal sakitnya Remy Sylado.

"Lantas saya coba telepon senior-senior dia di IKJ kan, Bang Yose Rizal Manu, kan dekat sama beliau tuh sama-sama di TIM gitu, si teater. Lantas saya coba hubungi Ismail Sofian Sani, senior dan sutradara juga. Terakhir bang Dedi Setiadi yang lagi syuting juga, senior juga itu. Dia sempat besuk, katanya 'iya betul, dia udah sakit lama, sakit tua lah. Udah cuci darah," ujar Evry Joe.

Remy Sylado diketahui menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Premier, Jakarta. Sempat pulang, pria berusia 75 tahun itu kini kembali dilarikan ke rumah sakit.

Dari informasi yang didapat, Evry Joe menyebut Remy Sylado sudah lama jatuh sakit. Namun ia tidak mengetahui secara pasti sejak kapannya.

"Kemarin di sana cuma keluar lagi. Nah sekarang nggak tahu di bawa ke mana lagi, saya belum kroscek itu," papar Evry Joe.

"Nah kalau kita lihat di Wikipedia itu kan nama besar beliau cukup terkenal. Saya prihatin itu kan kok nggak ada yang tahu gitu. Saya lihat di media 'waduh, orang besar seperti ini kok nggak tahu ya. Bang Remy Sylado ini kan jarang ada Remy Remy lain di Indonesia kan. Dia walaupun novelis, dia juga aktor kan," tandasnya.

Dalam video yang diterima oleh detikcom, kondisi terkini Remy Sylado memang cukup memprihatinkan. Badannya menjadi kurus akibat sakit yang diidapnya.

Tak hanya itu, Remy Sylado juga terkulai lemah di kasur rumah sakit lengkap dengan alat medis yang terpasang. Ia juga terlihat tak sadarkan diri.

Seperti diketahui, Remy Sylado adalah aktor sekaligus sastrawaran yang lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 12 Juli 1945. Ia mengawali kariernya sebagai wartawan.

Sejumlah film pernah dibintanginya, yaitu Tinggal Sesaat Lagi,Dua dari Tiga Laki-laki,Pesta,Capres, dan Bulan di Atas Kuburan.

Pria yang identik memakai pakaian serba putih itu juga dikenal sebagai pemain teater, seni rupa, dan musik. Remy Sylado juga membuat banyak sekali karya dalam bentuk novel, cerpen, puisi dan yang lainnya.

(hnh/dar)