ADVERTISEMENT

Terungkap! Sejarah Awal Manga Dragon Ball, Akira Toriyama Dibantu Sang Istri

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 30 Des 2021 11:05 WIB
Manga Dragon Ball
Ilustrasi awal di manga Dragon Ball ciptaan istri Akira Toriyama. Foto: Akira Toriyama/ Situs resmi Dragon Ball
Jakarta -

Manga Dragon Ball menjadi salah satu komik Jepang terpopuler. Mangaka Akira Toriyama dikenal sebagai satu-satunya pencipta dan komikus tunggal untuk Dragon Ball.

Tapi ternyata sejarah awal manga Dragon Ball terungkap baru-baru ini. Dalam situs resmi Dragon Ball, ternyata Akira Toriyama menggarap Dragon Ball awalnya tidak sendirian.

Ia mendapatkan bantuan artistik dari istrinya, Yoshimi Kat di bab-bab awal pembuatan. Faktanya, karier Yoshimi Kat tidak setenar dan sesukses suaminya dengan Dragon Ball meski ia memiliki kualitas yang baik.

Dahulunya, Yoshimi Kat adalah seniman manga dengan nama pena Nachi Mikami. Salah satu karya terkenalnya adalah Rock 'N' Roll di tahun 1977 dan terbit di majalah Hakusensha lalu namanya meredup.

Kabar ini dibagikan untuk merayakan ulang tahun Dragon Ball yang ke-30. Situs resmi Dragon Ball membagikan gambar dan informasi dari sejarah awal serial tersebut.

"Latar belakang panel sorotan? Saya sebenarnya hampir tidak punya waktu untuk mengilustrasikan beberapa halaman pertama, termasuk yang ini," tulis Akira Toriyama dalam situs resmi, seperti dilihat detikcom.

"Istri saya melakukan banyak hal. Dia dulunya adalah seniman manga shojo, jadi gambarnya jauh lebih cantik dan bagus dari saya," sambung Akira Toriyama.

Manga Dragon BallManga Dragon Ball Foto: Akira Toriyama/ Situs resmi Dragon Ball

Dalam ilustrasi yang dibagikan, Goku kecil tampak sedang berlatih di atas putaran kayu. Dia membawa pisau bergergaji yang ukurannya sama besar dengan tubuhnya.

Di sekeliling Goku, ada monyet-monyet yang sedang mengajaknya mengobrol. Goku tertawa melihat para monyet tersebut.

Ilustrasi itu bergaya China dan diilustrasikan dengan indah. Situs resmi Dragon Ball juga menuturkan setelah mendapat bantuan dari Yoshimi Kat, manga Dragon Ball mengarah ke estetika yang lebih jantan dan tangguh.

"Tapi Dragon Ball menentang tren dan membuat gebrakan besar dengan merangkul sifat fantastik dunianya," ungkap Akira Toriyama.

Manga Dragon Ball mulai terbit serialisasi di tahun 1984 di majalah mingguan Shonen Jump. Manganya pun sukses diadaptasi ke anime dan tayang di Jepang pada 1986. Sejak itu, Dragon Ball berkembang pesat menjadi waralaba terbesar di Jepang.

Dragon Ball melahirkan manga sekuel, spin-off, film animasi sampai video games. Dragon Ball juga menjadi salah satu manga terlaris sepanjang besar dan mempengaruhi generasi muda mangaka.



Simak Video "Kreator Manga Yu-Gi-Oh! Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/tia)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT