ADVERTISEMENT

Vaksin Kata Terpopuler di 2021

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 30 Nov 2021 10:11 WIB
Jenis vaksin di Indonesia kini bertambah karena adanya vaksin asal India yang baru saja mendapat izin darurat dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes).
Vaksin menjadi kata terpopuler sepanjang tahun 2021. Foto: Getty Images/carmengabriela
Jakarta -

Perusahaan Amerika Serikat yang menerbitkan kamus Merriam-Webster mengumumkan vaksin menjadi kata yang paling dicari sepanjang 2021. Vaksin pun jadi terpopuler.

Editor Merriam-Webster, Peter Sokolowski mengatakan vaksin adalah kata yang paling tinggi dicari dalam kata perusahaan setiap harinya.

"Ini benar-benar mewakili dua cerita yang berbeda. Salah satunya adalah kisah sains, yang merupakan kecepatan luar biasa dari pengembangan vaksin, tapi ada juga perdebatan mengenai kebijakan, politik, dan afiliasi politik," katanya dilansir dari The Associated Press, Selasa (30/11/2021).

Pencarian kata vaksin pun membawa dua cerita terbesar. Pencarian itu mengikuti kata 'vax' yang juga terpopuler tahun ini dari data Oxford English Dictionary.

Sebelumnya, Merriam-Webster memilih kata pandemi sebagai pencarian teratas tahun lalu dan diumumkan di situs online mereka.

"Pandemi adalah senjata yang meledak dan sekarang kami memiliki efek sampingnya," sambung Sokolowski.

Di situs pencarian Merriam-Webster, pencarian kata vaksin meningkat sampai 601 % dibandingkan 2020. Di Amerika Serikat, ketika suntikan pertama diberikan di New York di Desember 2020 diskusi mengenai vaksin COVID-19 terus berkembang.

Data menyebutkan ketimbang pencarian di tahun 2019, ketika ada obrolan tentang vaksin, Merriam-Webster mencatat pencariannya tidak terlalu signifikan.

"Ada banyak diskusi tentang vaksin mulai dari distribusi yang tidak adil, mandat vaksin, dan booster yang tetap diminati," lanjutnya.

Menurut Merriam-Webster, kata vaksin pertama kali muncul di tahun 1882 tapi referensi sebelumnya terkait cairan dari pustula cacar sapi yang digunakan.

Kata vaksin berasal dari bahasa Latin baru 'vaccina' yang merujuk lagi ke bahasa Latin feminin 'vaccinus'. Artinya 'dari atau dari sapi'.

Bahasa Latin untuk sapi adalah 'vacca', kata yang mungkin saja mirip dengan bahasa Sansekerta 'vasa', menurut situs pencarian dan kamus Merriam-Webster.

Awal 2021, Merriam-Webster menambahkan kata vaksin ke dalam entri online mereka. Kata berikutnya yang ditambahkan adalah vaksin mRNA atau vaksin utusan seperti COVID-19 yang dikembangkan oleh Pfizer-BioNTech dan Moderna.

Kata lainnya yang terpopuler versi Merriam-Webster di antaranya adalah Cicada, meta untuk perusahaan induk Facebook, cisgender atau identitas gender yang sesuai dengan kelamin seseorang.



Simak Video "Peneliti Beberkan Kemampuan Vaksin Merah Putih Melawan Varian Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT