Sohib Banget! Eiichiro Oda Ucapkan Selamat pada Gosho Aoyama

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 11 Nov 2021 10:46 WIB
Manga Detective Conan: Fist of Blue Sapphire Terbit 25 September di Jepang
Manga Detective Conan mencapai volume 100 bulan ini. Foto: Istimewa
Jakarta -

Persahabatan antara mangaka atau komikus Jepang kerap terjadi dengan saling mendukung atas prestasi yang diraih. Sama halnya yang terjadi antara pencipta One Piece Eiichiro Oda dan Gosho Aoyama mangaka Detective Conan.

Baru-baru ini, Eiichiro Oda memberikan selamat kepada pencipta manga Detective Conan atas raihan volume ke-100 Detective Conan. Ucapan itu dipublikasikan di sebuah kolom di majalah mingguan Shonen Jump yang rilis awal pekan ini.

"Saya belum pernah berjumpa dengannya, tapi saya merasa seperti kawan seperjuangan," tulis Eiichiro Oda dalam kolom majalah, seperti dilansir dari berbagai sumber, Kamis (11/11/2021).

"Saya tahu betapa sulitnya mencapai 100 volume, Aoyama-san! Selamat atas 100 volume manga Detective Conan," sambung Eiichiro Oda.

Pada 18 Oktober, volume kompilasi ke-100 dari manga Detective Conan terbit di Jepang. Tepat setelah perilisan volume ke-100 dari One Piece yang rilis pada 3 September 2021.

Meskipun kedua komikus itu terlihat sebagai rival namun komentar Eiichiro Oda menunjukkan kesadaran dan rasa hormat terhadap karya sesama komikus.

Gosho Aoyama meluncurkan manga Detective Conan sejak 19 Januari 1994. Sedangkan Eiichiro Oda memulau debut serial manga One Piece di tahun 1997.

Kedua seri tersebut sukses diadaptasi dan menginspirasi versi lainnya termasuk ke dalam bentuk anime dan live action yang masih populer sampai sekarang.

Sebelumnya, penerbit Shogakukan mengumumkan manga Detective Conan yang masuk ke dalam genre shonen itu sukses terjual sebanyak 250 juta eksemplar di seluruh dunia. Kesuksesan Detective Conan tidak terlepas dari versi anime yang tayang di seluruh dunia.

Awal tahun ini, manga Detective Conan juga masuk deretan 10 terpopuler versi TV Asahi bersamaan dengan One Piece, Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba, Dragon Ball, Attack on Titan, Naruto, Haikyu!! sampai Fullmetal Alchemist.

Dalam menggambar, Gosho Aoyama dibantu oleh 6 orang asisten yang punya pekerjaan berbeda. Franchise dari Detective Conan kerap dikerjakan oleh tim kreatif lainnya selain Gosho Aoyama.

Pada Maret 2019, ia mengumumkan melakukan hiatus panjang atau berhenti sementara selama beberapa pekan untuk kebutuhan riset. Ia menciptakan manga Detective Conan pada 1994 yang mengisahkan tentang detektif SMA bernama Shinichi Kudo untuk menyelesaikan suatu kasus.

Suatu hari, ia diracun oleh organisasi bernama Organisasi Hitam dan membuat tubuhnya mengecil seperti anak SD kelas 1. Menggunakan nama Conan Edogawa, ia berusaha untuk menyelesaikan lebih banyak kasus dan menghentikan Organisasi Hitam.



Simak Video "Kebahagiaan Netizen Sambut One Piece Chapter 1000"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)