Eka Kurniawan Diserang Gegara Kutipan 'Cantik Itu Luka' Sebut Perempuan dengan Lonte

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 07 Okt 2021 09:30 WIB
Eka Kurniawan
Foto: Tia Agnes/detikHOT
Jakarta -

Linimasa Twitter sedang ramai sejak kemarin gegara cuitan dari seorang netizen yang menyerang novelis Eka Kurniawan. Dia mengunggah sebuah kutipan dalam salah satu novel Eka Kurniawan yang berjudul Cantik Itu Luka.

Gara-gara kutipan tersebut, netizen di Twitter geger sampai menempati trending pertama di Indonesia pagi ini.

Sebuah akun bernama @rm_bgsr berkicau tentang kutipan novel Cantik Itu Luka yang berbunyi, "Semua perempuan itu pelacur sebab seorang istri baik-baik menjual kemaluannya demi masa kawin dan uang belanja, atau cinta jika itu ada."

Dalam cuitan akun @rm_bgsr, dia menuliskan, "Yang namanya Eka Kurniawan FIX GOSAH LU TEMENIN sp yg tau doi bacok aj ato geprek otaknya. Bisa2 cok merepresentasikk wanita sbg pelacur dan memakai kata "semua perempuan pelacur"
Dia keturunan lonte ibuknya neneknya mbaknya, adek cwenya, sodara2 cwe nya lonte semua bangsat!"

Penulis Eka KurniawanPenulis Eka Kurniawan Foto: Grandyos Zafna

Dari cuitan dan kutipan yang kini disukai lebih dari 11,7 ribu dan ratusan komentar itu, ada dua pendapat yang terbagi. Namun sebagian besar menghakimi akun netizen yang tidak tahu konteks dan maksud dari kutipan tersebut.

"budaya kita adalah menghakimi kutipan hanya karena tak membaca sampai akhir halaman. Salah satu karya fenomenal dari Eka Kurniawan," tulis @belumti****.

"Yang lagi trending..Cantik Itu Luka - Eka Kurniawan. Coba dehh daripada baca kutipannya mending baca isi bukunya secara lengkap.
FYI buku best seller ini sudah mendapatkan penghargaan bergengsi penghargaan perdana 'World Readers', dan sudah diterjemahkan ke dalam 24 bahasa," timpal netizen lainnya.

"Eka Kurniawan benar² mengundang pemikir yang berkualitas di bangsa ini melalui karya²nya. Tapi sayang, masih ada nitizen yang terlalu bodoh dalam membaca bukunya. Sepertinya bangsa ini harus lebih banyak membaca lagi, agar pemikirannya tidak sok kritis tapi bengkok," ujar @fair_loss.

Eka KurniawanEka Kurniawan Foto: Twitter

Bahkan Fiersa Besari turut mengomentari mengenai perdebatan tersebut.

"Di sinilah pentingnya mengetahui konteks, juga betapa membaca buku setengah-setengah lebih berbahaya dari tidak membaca buku," cuit Fiersa Besari.


Eka Kurniawan Menjawab

Tak berapa lama dari serangan netizen terhadap kutipan novel Cantik Itu Luka beredar, Eka Kurniawan pun muncul di akun Twitter pribadinya.

Dia menjawab serangan netizen yang mengomentari kutipan di novel karangannya dengan sebuah kalimat menohok.

"Bahaya baca buku, atau bahaya tidak membaca buku?" komentar Eka Kurniawan di cuitan akun tersebut.

Sampai saat ini heboh mengenai cuitan netizen itu sudah disukai lebih dari 12,2 ribu likes dan 3.700-an retweets. Menurutmu, bagaimana dengan cuitan tak berdasar dari netizen tentang kutipan novel Eka Kurniawan tersebut?



Simak Video "'Squid Game' Dinilai Seperti Fenomena 'Gangnam Style'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)