Nobel Sastra 2021 Diumumkan 7 Oktober

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 01 Okt 2021 11:55 WIB
Akibat Skandal Pelecehan Seks, Akademi Swedia Tunda Pemberian Nobel Sastra Tahun Ini
Foto: DW (Soft News)
Jakarta -

Musimnya anugerah Hadiah Nobel dimulai. Setiap bulan Oktober, penyelenggara Nobel bakal mengumumkan para pemenang dari berbagai kategori dan kali ini anugerah digelar mulai 4-11 Oktober 2021.

Diluncurkan pertama kalinya 120 tahun yang lalu, ada penghargaan untuk bidang kedokteran, fisika, kimia, sastra sampai perdamaian yang diciptakan oleh penemu asal Swedia, Alfred Nobel.

Anugerah dimulai pada 4 Oktober dan berakhir di 11 Oktober 2021 dengan Hadiah Nobel untuk kategori ekonomi yang terbaru.

Sejumlah nama bersaing untuk memperebutkan Hadiah Nobel. Untuk kategori Nobel Sastra yang bakal diumumkan pada 7 Oktober 2021 pukul 13.00 waktu Stockholm atau sekitar 18.00 WIB.

Penyelenggara Hadiah Nobel menyebutkan di penghargaan sebelumnya ada beberapa pemenang dari Eropa dan Amerika Utara. Tampaknya, Akademi Swedia ingin membuka peluang kepada para sastrawan dari negara yang sebelumnya tak pernah tersentuh.

"Saya yakin mereka benar-benar ingin menemukan seorang jenius dari daerah yang sebelumnya diabaikan," kata kritikus sastra di harian Swedia Dagens Nyheter, dilansir dari AFP, Jumat (1/9/2021).

Dia menyarankan agar ada pemenang dari kawasan negara yang lintas budaya. "Seseorang pemenang yang mungkin saja punya minat utama dalam pengalaman lintas budaya seperti Chimamanda Ngozi Adichie yang kelahiran Nigeria," tambahnya.

"Dia mungkin terlalu muda karena berusia 44 tahun, tapi dia akan cocok dengan profilnya," sambung Dagens Nyheter.

Selama bertahun-tahun, beberapa nama telah dibicarakan oleh kalangan sastra di Stockholm. Ada Peter Nadas dari Hungaria, Margaret Atwood dari Kanada, penyair Suriah Adonis sampai penulis asal Somalia Nuruddin Farah.



Beberapa nama baru juga bermunculan. Seperti Vikram Seth dari India, Liao Yiwu asal China sampai penulis kelahiran Mozambik Mia Couto.

Tahun lalu, anugerah Nobel Sastra diberikan kepada penyair asal Amerika Louise Gluck. Dia adalah pemenang perempuan ke-16 yang menerima penghargaan bergengsi di dunia tersebut.

Yayasan Nobel biasanya merahasiakan sejumlah nama yang masuk nominasi sampai menit-menit terakhir upacara dan perjamuan yang digelar di kota Stockholm. Seperti tahun lalu, akibat pandemi para pemenang akan menerima penghargaan di negara asal mereka.



Simak Video "Novelis Abdulrazak Gurnah Raih Nobel Sastra 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)