Baru Rilis, Buku Terbaru Peraih Nobel Sastra 2018 Melejit di AS

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 25 Feb 2021 10:20 WIB
Peraih Nobel Sastra 2018 Olga Tokarczuk
Olga Tokarczuk baru saja menerbitkan buku seni ilustrasi bergambar di AS Foto: Nobel Media. Photo: Alexander Mahmoud
Jakarta -

Nama Olga Tokarczuk kian melejit setelah memenangkan penghargaan Nobel Sastra 2018. Penulis asal Polandia itu baru saja menerbitkan buku terbaru berjudul The Lost Soul yang rilis pekan ini di AS.

Baru beberapa hari terbit, buku berjudul The Lost Soul langsung terpopuler di toko buku. Olga Tokarczuk melakukan eksperimen dengan bentuk kata-kata yang digabungkan dengan ilustrasi dan menghasilkan buku seni ilustrasi bergambar.

The Lost Soul adalah kisah puitis tentang seorang pria yang kehilangan jiwanya dalam kesibukan sehari-hari.

Pria tersebut bisa mendapatkannya kembali dengan cara yang sangat istimewa. Buku ini dinilai penuh makna tapi juga diilhami oleh gambar-gambar meditatif dan nostalgia dari seorang seniman asal Polandia Joanna Concejo.

"Buku ini memberikan lebih dari sekadar jumlah teks dan gambar. Kami membaca teks dengan cara berbeda dan kami juga melihat gambar dengan cara yang berbeda," kata Olga Tokarczuk dilansir dari The Associated Press, Kamis (24/2/2021).

Ilustrasi di salah satu bukunya Olga menampilkan sarung tangan terlepas ibarat jiwa dari karakter pria itu menghilang.

"Saya percaya tidak ada interpretasi tunggal dari buku itu. Pembaca akan melihatnya dengan cara yang berbeda dan menggunakan kata-kata yang berbeda untuk menamainya. Ini adalah keajaiban sastra," katanya.

Bukunya terinspirasi dari dongeng dan kepercayaan budaya lama seperti di Amerika Utara dan orang-orang Polinesia. Dalam mitos lama, dikatakan orang-orang Polinesia telah kehilangan jiwa ketika melihat ada yang salah dengan dirinya.

Olga Tokarczuk menerima Hadiah Nobel Sastra dari Raja Swedia Carl XVI Gustaf dalam upacara di Stockholm pada 2019. Pengumuman dan upacara pada 2018 dibatalkan karena skandal seks di Akademi Swedia yang menjadi pembicaraan internasional.

Sebelumnya, Olga Tokarczuk mendirikan yayasan literasi dan HAM dari uang hadiah yang didapatkan dari Hadiah Nobel Sastra 2018.

Olga dikenal lewat novel sejarah yang immersif 'Ksiegi Jakubowe' atau 'The Book of Jacob' yang terbit 2014 lalu dan 'The Flight' yang membuat namanya mendunia.



Simak Video "Penyair Amerika Raih Nobel Sastra 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)