detikHot

book

Peraih Nobel Sastra 2018 Cetuskan Ide Gaya Narasi Baru di Novel

Senin, 09 Des 2019 15:11 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Nobel Media. Photo: Alexander Mahmoud
Jakarta - Peraih Nobel Sastra 2018, Olga Tokarczuk, mencetuskan sebuah ide baru dalam penggaran novel maupun buku fiksi lainnya. Ia mengeluarkan ide adanya gaya narasi baru dan kata ganti orang keempat dalam setiap penulisan.

"Saya memimpikan adanya narator 'orang keempat' atau jenis baru dalam fiksi yang dapat memperlihatkan pandangan masing-masing karakter dalam sebuah novel," ucapnya dilansir dari berbagai sumber, Senin (9/12/2019).

Penulis feminis asal Polandia itu kembali melanjutkan, menurutnya karakter orang keempat bisa dianggap sebagai narator misterius.



"Ini adalah sudut pandang, perspektif dari segala sesuatu yang dapat dilihat. Melihat segala sesuatu berarti mengenali fakta bahwa sebuah benda atau hal saling terhubung, satu kesatuan, dan ada hubungan itu yang belum diketahui," lanjutnya.

Sebelumnya, Tokarczuk diberitakan mendirikan yayasan literasi dan HAM dari uang hadiah yang didapatkannya. Olga dikenal lewat novel sejarah yang immersif 'Ksiegi Jakubowe' atau 'The Book of Jacob' yang terbit 2014 lalu dan 'The Flight' yang membuat namanya mendunia.

Karyanya mampu mewakili segala permasalahan manusia. Akademi Swedia menuturkan sebagai penyelenggara Hadiah Nobel menyebutkan karya Olga mampu mengkonstruksikan di antara dua perlawanan, alam versus gaya hidup, alasan versus kekesalan, laki-laki vs perempuan, rumah vs alienasi.






Simak Video "Temukan Jurang Ilusi, Kazuo Ishiguro Raih Nobel Sastra 2017"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com