DC Umumkan Kerja Sama dengan Webtoon

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 18 Agu 2021 10:20 WIB
DC Comics Kerja Sama dengan Webtoon
DC Comics kerja sama dengan Webtoon Foto: Istimewa
Jakarta -

Web cartoon atau webtoon sukses merambah ke Amerika Serikat sejak beberapa tahun belakangan. Kini DC Universe mengumumkan bakal bekerja sama dengan platform Webtoon.

Kolaborasi antara DC dan Webtoon dirancang sebagai proyek mandiri dan diharapkan dapat menarik semua penggemar. Termasuk pembaca komik yang sebelumnya tidak mengetahui tentang DC Comics dan karakter-karakternya.

"Saya sangat senang Webtoon dapat bekerja sama dengan DC untuk menghadirkan cerita unik ke dalam platform kami," kata CEO Webtoon, Ken Kim, dalam keterangannya, seperti dilansir dari Comicbook, Rabu (18/8/2021).

Webtoon merupakan jembatan bagi banyak penggemar komik di seluruh dunia. DC pun menjadi rumah bagi kisah superhero terbesar di mancanegara.

Potensi untuk mengekspresikan Intellectual Property (IP) terkenal melalui platform Webtoon, lanjut Ken Kim, akan memudahkan akses bagi pembaca.

"Tentu saja akan memudahkan akses bagi pembaca komik. Ini menjadi kemitraan yang menarik," tambahnya.

General Manager DC, Daniel Cherry III, mengatakan DC sangat antusias mengenalkan karakter ikonik kepada generasi baru di seluruh dunia.

"Kami telah bekerja sama dengan penulis dan komikus Webtoon untuk mengadaptasi karakter dan cerita kami ke dalam format seluler Webtoon. Tujuan bersama kami adalah menciptakan cerita DC yang menyenangkan dan menarik serta dapat dinikmati semua pembaca," katanya.

Menurutnya, kolaborasi antara DC dan Webtoon merupakan era baru komik digital di AS. Pada 2014, Webtoon pertama kali dikenalkan di Amerika. Platform membaca komik ini sukses diunduh sebanyak lebih dari 72 juta pengguna aktif dan tersedia di browser maupun aplikasi gratis.

Sebelum kerja sama dengan DC, Webtoon sudah kolaborasi dengan Legendary, POW!, dan Top Cow/ Image.



Simak Video "Ilustrator Komik Superman Biseksual Dapat Ancaman Pembunuhan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)