Robin Sahabat Batman Tegaskan Biseksual

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 12 Agu 2021 09:27 WIB
Komik Batman: Urban Legends
Komik DC Foto: DC Comics/ Istimewa
Jakarta -

Komik Batman terbaru membuat heboh para pembaca setia DC. Di komik tersebut, karakter Robin yang selama ini dikenal sebagai sahabat karib Batman ditegaskan adalah seorang biseksual.

Dalam edisi terbaru komik Batman: Urban Legends yang rilis awal 2021 menceritakan Robin menerima tawaran berkencan dari seorang teman pria.

Dilansir dari berbagai sumber, Kamis (12/8/2021), halaman terakhir dari komik menampilkan Drake mengunjungi rumah temannya Bernard setelah keduanya berbagi momen hubungan tak terduga. Karakter Drake adalah alter ego dari Robin.

Ia pun harus menyelamatkan Bernard dari penjahat. Di adegan terakhir, Drake memberi tahu Bernard sambil berseri-seri.

"Ya, saya rasa saya menginginkan itu," ucapnya setelah Bernard mengajaknya untuk berkencan.

Dalam sebuah wawancara, penulis komik Batman itu, Meghan Fitzmartin, mengatakan karakter Robin adalah salah satu yang digemarinya.

"Ketika saya kembali untuk membaca ulang sebanyak yang saya bisa untuk keadilan Robin, menjadi jelas kalau cerita ini harus ditegaskan," katanya.

Selama ini, pembaca DC melihat sahabat setia Batman sebagai karakter yang berpotensi biseksual sejak kemunculannya. Karakter Robin pertama atau Dick Grayson membuat debut pada 1940-an.

Dalam sebuah artikel yang terbit di 2016, seorang kritikus budaya Glen Weldon mendokumentasikan beberapa contoh dari penggambaran Batman dan Robin yang kerap beduaan.

Seperti saat Batman dan Robin berbaring bersebelahan, tanpa busana, pernah terbangun di ranjang yang sama, Robin cemburu ketika Batman kencan dengan perempuan lain.

"Bukan cuma Robin, Batman yang menyukai pria dan perempuan juga sudah tertanam dalam diri Batman," ucap mantan penulis komik Batman, Grant Morrison.

Sementara itu, komikus Batman Meghan Fitzmartin kembali melanjutkan kalau identitas Robin yang terungkap sekarang tidak menghapus masa lalunya dengan perempuan khususnya Stephanie Brown.

"Saya ingin menghargai fakta bahwa seksualitas adalah sebuah perjalanan. Namun Robin juga masih mencari tahu sendiri yang sebenarnya ada di dalam dirinya," lanjutnya.

Hubungan antara Robin dan Bernard masih berlanjut dalam komik Batman: Urban Legends volume berikutnya. Dengan terbukanya identitas Robin, maka menambah deretan karakter LGBTQ di dalam semesta DC, ada Batwoman atau Kate Kane, Poiso Ivy, sampai ilmuwan transgender Victoria October yang memulai debut di serial Batman 2017.



Simak Video "Aksi Intens Robert Pattinson di Trailer 'The Batman' Terbaru"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)