Penulis Star Wars dan Indiana Jones Meninggal di Usia 58 Tahun

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 06 Agu 2021 10:20 WIB
Penulis Buku Star Wars hingga Indiana Jones Jonathan Rinzler
Penulis di balik waralaba Star Wars meninggal di usia 58 tahun Foto: Star Wars/ Website
Jakarta -

Rasa duka yang mendalam menyelimuti para pencinta Star Wars hingga Indiana Jones. Penulis waralaba Star Wars, Indiana Jones, Alien hingga The Shining, Jonathan Rinzler meninggal di usia 58 tahun.

Jonathan Rizler yang menulis di bawah nama pena JW Rinzler meninggal karena kanker pankreas pada 28 Juli 2021 di kediaman pribadinya di Albion, California.

Kabar duka mengenai kepergian sang novelis dibagikan oleh putrinya Sarah Rinzler dalam postingan media sosial. Pria yang juga menjadi editor eksekutif di Lucasfilm itu awalnya belajar melukis di Parsons School of Design.

Dia pun lulus dari Universitas New York dengan gelar sarjana dan master dalam bidang Sastra Komparatif.

Lahir 17 Agustus 1962 di New Jersey, Jonathan Rinzler awalnya bekerja menjadi editor eksekutif Lucasbooks. Buku pertama yang diterbitkannya termasuk The Art of Star Wars Episode III: Revenge of the Sith dan The Making of Star Wars: Revenge of the Sith.

Bukunya yang paling terkenal adalah The Making of Star Wars 2007: The Definitive Story Behind the Original Film.

Karyanya mendapatkan pujian kritis karena menyeimbangkan penelitian arsip dengan wawancara pemeran dan para kru. Setelahnya, dia menulis beberapa buku Star Wars lainnya sebelum meninggalkan Lucasfilm.

Dalam sebuah wawancara, dia mengatakan karakter dan semesta yang dikembangkannya dalam buku berhasil disukai pembaca.

"Terus terang, saya tidak menyadari tentang alam semesta yang saya tulis pada akhirnya dikembangkan. Saya menyukai film-film George Lucas dan melalui grafiti Amerika menjadi pembuka mata dan telinga bagi saya," katanya dilansir dari Comicbook, Jumat (6/8/2021).



Di penerbit LucasBooks, dia bekerja sebagai editor nonfiksi sembari menulis berbagai proyek waralaba lainnya.

Sepanjang kariernya, Jonathan Rinzler menulis lebih dari 25 buku, tiga di antaranya menjadi buku terlaris versi The New York Times.

Ia juga telah menyunting lebih dari 100 judul terkait Star Wars. Di luar alam semesta Star Wars, Jonathan Rinzler menulis banyak buku tentang franchise Indiana Jones, The Making of Aliens, The Making of Planet of the Apes hingga The Shining.

Dia juga menulis buku fiksi lainnya dan novel grafis terlaris The Star Wars yang ditulisnya bersama dengan Mike Mayhew.



Simak Video "Antusiasme Penggemar Saksikan Syuting 'Indiana Jones 5' di Italia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)