Siapa Minat? Buku Langka Harry Potter Dilelang Rp 1,6 Miliar

Tia Agnes - detikHot
Senin, 02 Agu 2021 18:02 WIB
Cetakan Pertama Harry Potter and the Philosophers Stone Dilelang Rp 1,2 M
Buku langka Harry Potetr terjual senilai Rp 1,6 miliar Foto: Istimewa
Jakarta -

Edisi pertama dari buku pertama Harry Potter and the Philosopher's Stone karya JK Rowling sukses dilelang dengan harga Rp 1,6 miliar. Wah!

Buku yang terbilang langka adalah salah satu dari 500 eksemplar hardback yang dicetak di seluruh dunia.

Buku itu dicetak pertama kali pada 1997 dan dibeli dari toko buku Nottingham. Di halaman hak cipta buku tersebut, penulis JK Rowling dicetak dengan nama Joanne Rowling.

Juru bicara di balai lelang di Yorkshire bagian utara, Tennants, memperkirakan volumenya tadinya terjual sekitar Rp 400 juta sampai Rp 600 juta.

"Edisi pertama dari buku Harry Potter adalah salinan yang luar biasa dan dalam kondisi baik-baik saja. Kesan pertama para kolektor, ini adalah buku langka," ucap juru lelang tersebut, dilansir dari BBC, Senin (2/8/2021).

Tennants juga mengatakan dari 500 cetakan buku Harry Potter, sebanyak 300 buku asli dikirim ke perpustakaan di seluruh Inggris. Sebagian besar buku kondisinya dalam keadaan rusak dan hilang.

Setelah penerbitan 500 eksemplar buku perdana Harry Potter tersebut, nama JK Rowling kian melambung dan mendunia. Bahkan ketujuh buku Harry Potter sukses besar di pasaran dan menjadikan JK Rowling sebagai buku terkaya di dunia.

Edisi pertama yang ditandatangani penulis juga dijual di Edinburgh tahun lalu senilai Rp 2,5 miliar. Menurut majalah Finebooks, itu adalah harga tertinggi untuk buku pertama Harry Potter yang pernah dilelang.

Pada Desember 2020, salinan serupa juga terjual seharga Rp 1,3 miliar di Staffordshire.

Buku pertama Harry Potter itu menceritakan kisah penyihir muda yang berasal dari muggle. Harry Potter harus sekolah di Hogwarts dan menjalani petualangan bersama dua sahabatnya, Hermione dan Ron Weasley.

Setelah penerbitan buku pertama itu, enam buku lainnya pun terbit. Buku-buku itu pun diadaptasi ke layar lebar, panggung teater, dan video game.



Simak Video "Artis 'Harry Potter' Helen McCrory Tutup Usia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)