Ternyata Alasan JK Rowling Gunakan Nama Pena karena Mantan Suami

Tia Agnes - detikHot
Senin, 02 Agu 2021 15:05 WIB
JK Rowling
JK Rowling menceritakan alasan gunakan nama pena ketimbang asli Foto: Debra Hurford Brown © J.K. Rowling 2018
Jakarta -

JK Rowling sukses dikenal sebagai penulis terkaya di dunia. Tapi tahukah kamu alasan mengapa JK Rowling tidak menggunakan nama aslinya?

Dia mengungkapkan tidak ingin memakai nama lengkapnya saat menerbitkan buku Harry Potter. JK Rowling mengaku paranoid setelah mengalami pernikahan yang sulit.

JK Rowling tidak memasukkan nama Joanne sebagai nama aslinya. Penerbit juga khawatir audiens anak laki-laki tidak akan mau membaca buku yang ditulis oleh novelis perempuan.

Dalam sebuah wawancara, JK Rowling kini mengungkapkan alasan lain untuk perubahan namanya di sampul buku Harry Potter and the Philosopher's Stone yang terbit di 1997.

Berbicara dengan Simon Armitage di Podcast The Poet Laureate Has Gone to His Shed, ia mengaku tidak ingin menarik perhatian suami pertamanya yang berdarah Portugis, Jorge Arantes. Keduanya menikah pada 1992 lalu berpisah setahun berikutnya.

"Saya sebenarnya tidak pernah mengatakan ini sebelumnya, memang benar penerbit saya merasa ini adalah buku yang juga bakal disukai oleh anak laki-laki. Mereka pasti ingin 'unisex'," ungkap JK Rowling.

JK Rowling mengungkapkan sebenarnya ia ingin memakai nama yang sama sekali berbeda dari biasanya.

"Saya keluar dari pernikahan yang sulit. Saya sedikit paranoid," sambungnya.

"Itu benar-benar konyol karena mantan suami saya tahu apa yang saya tulis. Dia tidak pernah membacanya tapi kami telah membicarakannya," kata penulis yang tinggal di Skotlandia tersebut.

"Jadi jika dia pernah mendengarnya, saya kira dia akan tahu itu saya. Tapi saya tidak pernah membayangkan sama sekali kalau itu sukses. Saya jujur sangat paranoid saat itu," katanya lagi.

Singkatan huruf 'JK' diakuinya sangat cocok dengannya. Meski itu adalah nama keluarganya, lanjut JK Rowling, ia setuju dengan ide dari penerbit.

JK Rowling menulis cerita Harry Potter di pertengahan dekade 1990 an dan sukses besar setelah sering ditolak penerbit. Sebelum namanya dikenal, ia menikah dengan seorang reporter televisi Jorge Arantes dan memiliki seorang putri bernama Jessica (27 tahun).

Setelah bercerai, JK Rowling menikah dengan dokter asal Skotlandia bernama Neil Murray pada 2001. Mereka memiliki seorang putra dan putri.



Simak Video "Di Balik RIP JK Rowling yang Bergema di Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)