Selamat! Manga Demon Slayer Raih Penghargaan Asosiasi Kartunis Jepang

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 31 Jul 2021 10:46 WIB
Manga Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba
Manga Demon Slayer dapat penghargaan dari Asosiasi Kartunis Jepang Foto: Istimewa
Jakarta -

Manga Demon Slayer berhasil meraih penghargaan bergengsi dari Asosiasi Kartunis Jepang (JCA). Anugerah yang digelar ke-50 kalinya itu diumumkan pekan ini.

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba karya Koyoharu Gotouge memenangkan hadiah utama dalam kategori manga. Digelar sejak 1972, penghargaan ini diberikan kepada karya kreatif Jepang yang berpengaruh setiap tahunnya.

"Kami ingin memberikan penghormatan kepada karya yang penuh semangat dan mengharukan ini, yang menunjukkan bahwa manga dapat menggerakkan hati banyak orang," ungkap tim dewan juri, seperti dilansir dari berbagai sumber, Sabtu (31/7/2021).

Tahun ini, tim dewan juri dikepalai oleh Machiko Satonaka, Shoji Igo, Kamakiri Uno, Hiroshi Odagiri, Koji Fujishita, Moto Hagio sampai Ikuya Komori.

Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba menjadi manga yang paling dibicarakan sepanjang 2020 hingga 2021.

Penjualan manganya melonjak tajam sejak 2019 dan mengalahkan One Piece yang bertengger di industri komik Jepang selama lebih dari 22 tahun.

Terbit pada 15 Februari 2016 di Majalah Shonen Jump, manga yang berlatar era Taisho di Jepang menceritakan tentang remaja yang tinggal di atas gunung bernama Tanjiro Kamado. Suatu hari saat cuaca bersalju, ia meninggalkan keluarganya untuk menjual arang.

Tak disangka, keluarga Tanjiro dibantai dan diserang oleh iblis. Saudara perempuannya yang bernama Nezuko adalah satu-satunya yang selamat meski ia diketahui juga seorang iblis.

Pada Februari 2021, manga Demon Slayer berhasil terjual 150 juta kopi dan peredarannya bertambah 43 kali lipat sejak pemutaran perdana adaptasi anime di April 2019.

Selain manga Demon Slayer, penghargaan juga diberikan kepada kartun NEW NORMAL! karya Joruju Piroshiki. Adaptasi manga dari buku nonfiksi Perang Dunia II karya peraih Nobel Svetlana Alexievich juga menerima penghargaan Manga Kingdom Tottori.

Manga satu panel EYEMAK Sotensha memenangkan anugerah Manga Kingdom Tosa. Proyek Okiagari Koboshi dari Kenzo Takada juga meraih penghargaan MEXT.

Upacara penghargaan akan digelar di Imperial Hotel Tokyo pada 1 Oktober 2021.



Simak Video "Ridho Rhoma Divonis 2 Tahun Penjara Terkait Narkoba"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/pus)