20 Penulis Terlaris Indonesia Berbagi Pengalaman di GWRF 2021

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 01 Apr 2021 15:27 WIB
Gramedia Writers and Readers Festival (GWRF) 2021
Foto: GWRF 2021
Jakarta -

Gelaran Gramedia Writers and Readers Forum (GWRF) 2021 kembali hadir tahun ini di tengah situasi tak menentu karena COVID-19.

Mulai 1 sampai 4 April 2021, sebanyak 20 penulis terlaris Indonesia bakal berbagi pengalaman pribadi dengan berbagai topik soal industri buku. Ada siapa sajakah narasumber tersebut?

Di antaranya adalah Kisah Tanah Jawa, Tere Liye, Rintik Sedu, Boy Candra, Ryan Filbert, Nicky Hogan, Fellexandro Ruby, Erisca Febriani, JS Khairen, Luluk HF, Indra Sugiarto, Valerie Patkar sampai Wira Nagara.

Mengusung tema Start Over, GWRF 2021 akan mengajak masyarakat dan pencinta buku untuk memulai kembali kehidupan di tengah pandemi.

"Kami ingin ada nilai kemanusiaan untuk saling membantu sesama dan memahami perspektif tentang kondisi saat ini, beradaptasi dengan kebiasaan baru, serta menyiapkan langkah dan arah baru di kondisi setelah wabah berlalu," tulis keterangan yang diterima detikcom, Kamis (1/4/2021).

Selama 4 hari ke depan, setiap harinya bakal ada empat sesi kelas yang berdurasi masing-masing satu jam. Para pembaca bisa mendaftar ke berbagai kelas yang diinginkan dengan harga per sesi yakni Rp 10 ribu, dan Rp 25 ribu untuk tiga kelas.

Gramedia Writers and Readers Festival (GWRF) 2021Gramedia Writers and Readers Festival (GWRF) 2021 Foto: GWRF 2021

Acara GWRF 2021 tahun ini terbilang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Jika perhelatan sebelumnya digelar secara offline di Perpustakaan Nasional Indonesia, kali kelas inspirasi bisa dinikmati secara virtual.

GWRF 2021 bakal dimulai dengan kehadiran narasumber Faradita dan Luluk HF lewat sesi berjudul Bagaimana Cerita Dapat Mengubah Hidup Kita. Dilanjutkan dengan JS Khairen dan Syahid Muhammad tentang kehidupan sebagai penulis.

Serta sesi terakhir pukul 20.30-21.30 dari Kisah Tanah Jawa dengan tema 2021 dalam Sudut Pandang Kisah Tanah Jawa.

Ayana Moon asal Korea Selatan yang dikenal sebagai mualaf juga bakal berbagi pengalamannya. Di hari kedua juga ada Wira Nagara dan Boy Chandra yang berbicara soal puisi-puisi ciptannya.

Rintik Sedu bakal berbicara soal ketidaksempurnaan dalam karya-karya tapi hal itu yang justru membuatnya makin dikenal sebagai penulis. Di akhir acara, ada Tere Liye yang secara khusus hadir untuk berbicara mengenai pembuatan karakter dalam novel-novelnya.

Well, bagaimana siap meramaikan GWRF 2021 sore nanti?



Simak Video "Desiree Ingin Damai dengan Hotma Sitompul, Tapi Ada Syaratnya"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)