1,2 Juta Eksemplar Buku Anak Dr Seuss Meroket usai Kontroversi Ras dan Etnis

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 12 Mar 2021 09:37 WIB
Penulis buku anak Dr Seuss
Penulis buku anak Dr Seuss yang menuai kontroversi gara-gara bukunya dianggap rasis Foto: AP
Jakarta -

Sepekan setelah kontroversi buku anak penulis Amerika Dr Seuss yang dinyatakan mengandung konten rasialisme, penjualannya justru meroket tajam. Lebih dari 1,2 juta eksemplar buku terjual.

Angka 1,2 juta eksemplar yang terjual atau lebih dari 4 kali lipat dari penjualan minggu-minggu sebelumnya ini mengagetkan. Padahal enam buku Dr Seuss ditarik penerbitannya karena stereotip rasial dan etnis.

Tapi setelah kontroversi itu berlangsung, bukunya masuk dalam daftar 20 teratas dalam versi situs Amazon.

Dilansir dari berbagai sumber, NPD BookScan melacak sekitar 85 persen penjualan eceran dari penjualan buku karya penulis Amerika bernama lengkap Theodor Seuss Geisel tersebut.

Buku anak The Cat in the Hat terjual lebih dari 100 ribu eksemplar ketimbang pekan sebelumnya 17 ribu. Green Eggs and Ham menduduki 90 ribu eksemplar dan One Fish Two Fish Red Fish Blue Fish terjual 88 ribu eksemplar.

"Buku-buku yang sudah dicetak itu belum ditarik dari pasaran di Amerika Serikat," tulis keterangan NPD BookScan, dilansir dari AP, Jumat (12/3/2021).

Enam buku anak Dr Seuss yang menuai kontroversi di antaranya adalah And to Think That I Saw It on Mulberry Street, If I Ran the Zoo, McElligot's Pool, On Beyond Zebra!, Scrambled Eggs Super!, dan The Cat's Quizzer.

Buku anak yang berjudul And to Think That I Saw It on Mulberry Street dikritik karena memasukkan karakter pria China dengan tongkat. Matanya yang sipit itu terlihat memegang sumpit dan mangkuk.

Sedangkan di buku anak lainnya yang berjudul If I Ran to the Zoo ada dua pria yang digambarkan berasal dari Afrika. Para pria itu memakai rok rumput dan menggendong hewan.



Simak Video "''Ralph Breaks the Internet'' Masih Puncaki Box Office"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)