6 Buku Anak Dr Seuss Berhenti Terbit karena Dianggap Rasis

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 03 Mar 2021 12:50 WIB
Buku-buku Penulis Dr Seuss
Buku-buku Dr Seuss Foto: Seussville/ Situs pribadi
Jakarta -

Penerbitan enam buku Dr Seuss terpaksa dihentikan karena dianggap rasis dan tidak sensitif kepada masyarakat kulit berwarna. Keputusan yang diumumkan oleh Dr Seuss Enterprises pekan ini menghebohkan industri buku anak internasional.

Perwakilan Dr Seuss Enterprises mempublikasikan keputusan setelah mendapat kritikan dari guru, spesialis, akademisi, dan para ahli untuk meninjau ulang karya penulis anak-anak.

"Menghentikan penjualan buku-buku ini hanyalah bagian dari komitmen kami dan rencana kami yang lebih luas untuk memastikan katalog Dr Seuss Enterprises mendukung semua komunitas," tulis perwakilan Dr Seuss Enterprises dilansir dari berbagai sumber, Rabu (3/3/2021).

Keenam buku yang dihentikan cetakannya di antaranya adalah And to Think That I Saw It on Mulberry Street, If I Ran the Zoo, McElligot's Pool, On Beyond Zebra!, Scrambled Eggs Super!, dan The Cat's Quizzer.

Dalam buku And to Think That I Saw It on Mulberry Street dikritik karena memasukkan karakter pria China dengan tongkat. Matanya yang sipit itu terlihat memegang sumpit dan mangkuk.

Sedangkan di buku anak lainnya yang berjudul If I Ran to the Zoo ada dua pria yang digambarkan berasal dari Afrika. Para pria itu memakai rok rumput dan menggendong hewan.

"Kami mengakui buku-buku itu menggambarkan orang dengan cara yang menyakitkan dan salah," tambah pihak perwakilan Dr Seuss.

Dalam dunia literatur anak, Dr Seuss yang memiliki nama lengkap Theodor Seuss Geisel lahir pada 1904 dan meninggal pada 1991. Lebih dari 600 juta eksemplar bukunya beredar luas di seluruh dunia.

Karya-karyanya dicintai oleh anak-anak dan pencinta buku. Warisannya pun dibaca di setiap sekolah di Amerika Serikat dan negara-negara lainnya.

Dr Seuss Enterprises memutuskan untuk menghentikan penerbitan 6 buku pada 2019 tapi baru saja diumumkan Maret 2021. Dalam acara Read Across America Day, pihak perwakilan Dr Seuss mengumumkan kabar tak mengenakkan tersebut.

Nama Dr Seuss juga dipuji oleh Barack Obama karena dinilai sebagai pengarang yang paling dihormati di AS. Dr Seuss dianggap menggunakan bakat menulisnya untuk menanamkan nilai-nilai universal yang membuat pembacanya terpengaruh.



Simak Video "Penulis Lupus Gusur Adhikarya Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)