Rekor! Manga Attack on Titan Dicetak Seukuran Manusia

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 05 Mar 2021 08:25 WIB
Manga Raksasa Attack on Titan
Manga Attack on Titan dicetak seukuran manusia Foto: Kodansha Comics
Jakarta -

Attack on Titan kembali memecahkan rekor dunia untuk manga terbesar yang diterbitkan. Pengumuman itu dibagikan oleh Kodansha Comics.

Kodansha memecahkan rekor dunia untuk kategori manga terbesar yang diterbitkan dengan mencetak ukurannya sebesar manusia sebanyak dua bab pertama. Kodansha pun telah merilis beberapa gambar yang memperlihatkan skala buku tersebut.

Ukurannya pun mengagumkan yakni 6 sampai 7 kali lipat dari ukuran kerangka biasa. Cetakan raksasa manga Attack on Titan dicetak terbatas sebanyak 100 eksemplar dan bisa dipesan mulai 6 Maret 2021.

Manga Attack on Titan volume 96 itu diharapkan segera ludes terjual. Nantinya, pihak Rekor Dunia Guinness secara resmi akan mengakui Attack on Titan sebagai pemegang rekor.

Attack on Titan menjadi salah satu manga terpopuler di Jepang, selain One Piece dan Jujutsu Kaisen maupun Boruto: Naruto Next Generations.

Sayangnya manga Attack on Titan segera berakhir terbit pada 9 April 2021 di Majalah Bessatsu Shonen Kodansha. Dalam sebuah wawancara, komikus Hajime Isayama mengatakan sudah niat untuk mengakhirinya sejak 8 tahun yang lalu.

Saat itu, ia mengatakan manganya akan selesai dalam waktu 3 tahun lagi. Akhirnya janji tersebut bisa ditepati.

"Manga Attack on Titan telah lama terbit, tapi saya harap kamu akan tetap bersama kami sampai akhir penerbitan," ungkap Hajime Isayama, dalam keterangannya seperti dilihat detikcom.

Ia menekankan manga Attack on Titan bukan tidak diperpanjang oleh departemen editorial penerbitnya, tapi dorongan 'kapan segera berakhir' itu terus memacu adrenalinnya.

"Maafkan saya, akhirnya harus selesai juga," tegas Hajime Isayama.

Penerbit Kodansha juga menggoda pembaca setia Attack on Titan tentang volume terakhir. Selama terbit, manga Attack on Titan telah beredar lebih dari 100 juta kopi di seluruh dunia.

Manga raksasa Attack on Titan rencananya bakal dijual dengan harga Rp 21,8 juta.

Sebelumnya, pemegang rekor saat ini adalah komik asal Brasil yang berjudul Turma da Monica yang dibuat oleh Mauricio de Sousa Producoes. Komik yang dirilis oleh Panini Brasil itu berukuran 6.976 sentimeter persegi yang diakui secara resmi pada Agustus 2018.



Simak Video "Siap Bertarung Lawan Raksasa di Free Fire!"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)