Bab Terakhir Manga Attack on Titan Bocor

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 11 Feb 2021 10:20 WIB
Manga Attack on Titan
Manga Attack on Titan Foto: Istimewa
Jakarta -

Manga Attack on Titan segera mencapai akhir bab pada April 2021. Setelah 11 tahun rilis, petualangan Eren Cs bakal berhenti terbit.

Kini aplikasi manga smartphone Magazine Pocket milik Kodansha menawarkan preview storyboard yang ditulis oleh komikus Hajime Isayama. Ada bab ketiga sampai akhir yang sengaja dibocorkan untuk manga tersebut.

Pratinjau dari bab ke-137 adalah awal proyek hitung mundur yang lebih besar untuk mengantisipasi akhir manga.

Dilansir dari Anime News Network, dalam pratinjau Hajime Isayama ada sketsa kasar yang dipublikasikan. Serta beberapa adegan dalam percakapan bahasa Jepang.

"Ini adalah draf kasar yang masih akan kami perbaharui ke depannya," tulis keterangan Kodansha.

Hajime Isayama meluncurkan manga Attack on Titan di majalah Bessatsu Shonen Kodansha pada 2009. Setelahnya, Kodansha Comics pun menerjemahkannya dan merilisnya kembali dalam bahasa Inggris secara digital dan cetak.

Dalam sebuah wawancara, sang komikus pernah mengatakan ia bermaksud mengakhiri manga yang ditulisnya pada 2020. Tapi janji itu tertunda selama setahun.

Draf Naskah Terakhir Manga Attack on TitanDraf Naskah Terakhir Manga Attack on Titan Foto: Anime News Network

Kabar mengenai berakhirnya Attack on Titan pernah dilontarkan sang komikus pada November 2020. Saat itu, ia menuturkan ceritanya tinggal dua persen lagi.

"Manga Attack on Titan telah lama terbit, tapi saya harap kamu akan tetap bersama kami sampai akhir penerbitan," ungkap Hajime Isayama, dalam keterangannya seperti dilihat detikcom.

Ia menekankan manga Attack on Titan bukan tidak diperpanjang oleh departemen editorial penerbitnya, tapi dorongan 'kapan segera berakhir' itu terus memacu adrenalinnya.

"Maafkan saya, akhirnya harus selesai juga," tegas Hajime Isayama.

Bab terakhir dari manga Attack on Titan akan terbit pada 9 April 2021 setelah 11,5 tahun serial tersebut berjalan. Terbitan volume manga ke-34 rencananya rilis pada 9 Juni 2021.



Simak Video "Intip Jadwal Tayang Deretan Serial Terbaru Disney+ Hotstar"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)