Joko Pinurbo Bocorkan Buku Puisi Terbaru yang Segera Rilis

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 20 Jan 2021 16:04 WIB
Penyair Joko Pinurbo
Joko Pinurbo segera merilis buku puisi terbaru Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta -

Joko Pinurbo membocorkan karya terbaru yang segera terbit dalam waktu dekat. Informasi tersebut diunggah penyair asal Yogyakarta itu lewat media sosial pribadinya.

"Bocoran buku puisi terbaru saya. Kental dengan satire dan ironi sosial. Penuh warna. Ilustrasi oleh Alit Ambara (@alitambara). Tunggu info selanjutnya di @sastragpu dan @bukugpu.
Tetap kreatif dan produktif di masa pandemi," tulis Joko Pinurbo seperti dilihat detikcom, Rabu (20/1/2021).

Dalam unggahan yang dipublikasikan pria yang akrab disapa Jokpin itu, ada video berdurasi pendek yang menampilkan sampul dari buku puisi terbarunya.

Sampul buku puisi terbaru Jokpin menggambarkan seorang pria yang berada di dalam botol bening. Dengan sampul didominasi warna hitam, karya terbarunya berjudul Salah Piknik.

Dari unggahan tersebut, Najwa Shihab turut mengomentarinya.

"ASIIIK," tulis Najwa Shihab disertai emoticon perempuan sedang joget.

"Mantab.... pasti tetap satir dan penuh ironi," timpal @fazizmanna.

"Setuju, Pak Jokpin. Tetap kreatif dan produktif di masa pandemi," tulis @sudaryanto705.

[Gambas:Instagram]



Penyair kelahiran Pelabuhan Ratu pada 1962 dikenal sebagai penyair yang penuh gaya dan warna tersendiri dalam ranah puisi Indonesia.

Isi puisi-puisi Joko Pinurbo memadukan antara unsur humor, narasi, dan ironi. Dia juga pandai dalam hal menggunakan dan mengolah citraan yang mengacu pada peristiwa sehari-hari.

Sebelumnya, Joko Pinurbo menerbitkan Perjamuan Khong Ghuan yang menyajikan kritik sosial nan jenaka. Dalam buku puisi tersebut, ia membicarakan soal keluarga, politik identitas, kehidupan urban, dan menyentil pertanyaan soal Ke-Tuhan-an.

Joko Pinurbo sukses menerbitkan belasan buku puisi, di antaranya adalah Celana, Tahilalat, Surat Kopi, Bulu Matamu: Padang Ilalang, Selamat Menunaikan Ibadah Puisi, Malam Ini Aku Akan Tidur di Matamu, Buku Latihan Tidur, dan novel berjudul Srimenanti.

Dua puisi Joko Pinurbo yang berjudul Di Bawah Kibaran Sarung (2011) dan Pacar Kecilku (2012) pernah mendapat Khatulistiwa Literary Award.



Simak Video "Puisi Joko Pinurbo untuk Tenaga Medis yang Gugur Karena COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)