5 Komik Langka Tintin Terjual Miliaran Rupiah

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 19 Jan 2021 12:20 WIB
Komik The Aventures of Boris and the Coronavirus
Foto: Istimewa
Jakarta -

Siapa yang tak kenal dengan komik Tintin? Serial petualangan Tintin yang diciptakan oleh komikus asal Belgia, Herge, atau pseudonim dari Georges Remi, disukai para penggemar di seluruh dunia.

Komik Tintin pertama kali muncul dalam bahasa Prancis sebagai lampiran dari bagian anak-anak koran Belgia, Le Vingtième Siècle, pada 10 Januari 1929. Hadir selama lebih dari 92 tahun, lembaran maupun sampul komik Tintin juga selalu diburu oleh para kolektor.

Di rumah lelang, karya seni Herge selalu dicari dan dinantikan. Berikut 5 sampul langka atau lembaran komik Tintin yang terjual miliaran rupiah seperti dirangkum detikHOT, di antaranya adalah:

1. The Blue Lotus (Rp 66 miliar)

Komik Langka Tintin Dilelang di ParisKomik Langka Tintin Dilelang di Paris Foto: AP/ Istimewa

Pekan ini, Associated Press melaporkan penjualan sampul langka komik Tintin yang memecahkan rekor. Sampul komik The Blue Lotus saat Tintin bertualang ke China laku terjual Rp 66 miliar dari harga awal Rp 51,4 miliar.

Sampul komik Tintin tersebut menampilkan karya seni Herge yang menggunakan tinta kuas China. Tintin dan Snowy digambarkan bersembunyi di dalam guci berwarna putih dan warnanya tampak takut karena ada naga merah di sekitar mereka.

2. The Adventures of Tintin Volume 1 in the Land of the Soviets (Rp 16 miliar)

TintinKomik Tintin Foto: Sampul Komik Tintin

Pada Juni 2019, Sampul dari komik 'The Adventures of Tintin Vol.1 in the Land of the Soviets' terjual di Heritage Auctions, Dallas, Texas. Sampul langka ini adalah salah satu yang ditandatangani langsung oleh sang komikus dan juga tertua yang terjual Rp 16 miliar.

Karya seni berasal dari tahun 1930 dan menampilkan gambar dari Tintin dan anjing peliharaan yang setia, Snowy. Sampul yang berukuran 21 x 26 sentimeter itu menampilkan Tintin berada di depan baling-baling bambu pesawatnya.

3. Tintin in America (Rp 10 miliar)

The top-selling drawing from The top-selling drawing from "Tintin in America". (Arcturial/Hergé) Foto: AFP Photo

Ilustrasi langka dari komik Tintin in America terjual di balai lelang Artcurial Paris dengan harga Rp 10 miliar.

Dalam gambar berukuran 21 x 15 sentimeter, Tintin tampak memegang revolver di tangan dan berdiri di atas taksi sedang mengejar pelaku kejahatan di jalanan kota Chicago. Gambar yang berasal dari tahun 1937 diburu oleh kolektor Eropa

4. Explorers on the Moon (Rp 29 miliar)

Komik TintinKomik Tintin Foto: BBC

Pada November 2017, di balai lelang Artcurial Paris juga dijual gambar komik Tintin Explorers on the Moon dengan harga Rp 29 miliar. Awalnya harga taksiran pertama adalah Rp 15 miliar tapi naik tajam.

Lembaran dalam komik yang diterbitkan tahun 1954 itu salah satu karya terpenting Herge yang dicari pascaperang.

Herge berhasil menggambarkan ekspedisi ke bulan jauh sebelum kosmonot Rusia Yuri Gagarin terbang ke orbit bumi pada April 1961, dan pendaratan di bulan oleh astronot Amerika Serikat (AS) Neil Armstrong pada Juli 1969.

5. King Ottokar's Sceptre (Rp 15 miliar)

Komik Tintin karya HergeKomik Tintin karya Herge Foto: Guardian

Dua halaman kisah petualangan Tintin terjual di balai lelang yang sama lewat seri berjudul King Ottokar's Sceptre dengan harga Rp 15 miliar.

Diterbitkan pada 1939, episode 'King Ottokar''s Sceptre' adalah seri kedelapan dari petualangan anak pemberani yang juga seorang reporter.

Cerita yang mengkritik pemerintahan Nazi di Jerman itu menjadi populer karena selama beberapa dekade dicari oleh kolektor dunia.



Simak Video "Teddy Syah Ungkap Riwayat Penyakit Rina Gunawan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)