detikHot

book

Selamat Ultah Tintin, Yuk Simak Sejarah Komiknya!

Jumat, 10 Jan 2020 14:21 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: (Shinta Angriyana/detikTravel)
Jakarta - Hari ini, 91 tahun yang lalu, reporter muda Tintin hadir pertama kalinya. Serial 'Petualangan Tintin' terbit pertama kalinya dalam bahasa Prancis sebagai lampiran bagian anak-anak dari koran Belgia, Le Vingtième Siècle pada tanggal 10 Januari 1929.

Tintin diciptakan oleh kartunis Belgia, Herge. Dalam komik, Tintin ditemani oleh seekor anjing bernama Snowy dan Kapten Haddock serta bertualang ke penjuru dunia.



Merayakan hari ulang tahun Tintin, yuk mengenang lagi sejarah komik Tintin. Berikut di antaranya:

1. Komik Pertama

Komik pertama tentang petualangan 'Tintin di Tanah Soviet' dengan total sebanyak 24 seri. Awalnya kisah jurnalis muda Tintin rilis pada 1929 lalu 13 Februari 1930, gambar Tintin muncul di halaman depan sampai diterbitkan sebanyak 16 halaman.

Gambar asli dari sampul komik pertama pun sukses terjual senilai Rp 15,9 miliar pada Juni 2019. Sampul yang terjual ketika Tintin muda sedang duduk di tunggul pohon sambil memahat baling-baling bambu pesawatnya.

Selamat Ultah Tintin, Yuk Simak Sejarah Komiknya!Selamat Ultah Tintin, Yuk Simak Sejarah Komiknya! Foto: Artcurial


2. Tintin Mampir ke Jakarta

Dalam edisi 'Flight 714 to Sydney', Tintin pernah diceritakan sempat singgah di Bandara Kemayoran Jakarta dalam perjalanannya menuju Sydney. Percaya kan kalau Tintin pernah mampir ke Indonesia?

Salah satu daya tarik utama dari cerita Tintin tentang keberanian. Tintin berani mengejar Holy Grails, Maltese Falcons hingga Hitchcockian MacGuffins dari Tokyo ke Andes.



3. Tintin Jalan-jalan ke Bulan

Bukan Tintin namanya kalau tidak bisa jalan-jalan ke bulan. Pada 1952 sampai 1953, kisah petualangan Tintin mengunjungi bulan diceritakan oleh sang komikus dalam Majalah Tintin.

Kenyataannya, Neil Amstrong dan Buzz Aldrin melakukan ekspedisi ke bulan pada dekade 1960an.





Simak Video "Seolhyun 'AOA' Diminta Cabut Dari TV Drama Terbarunya"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com