Rekor! Komik Batman Pertama dari Tahun 1940 Laku Terjual Rp 30,8 M

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 15 Jan 2021 15:05 WIB
Komik Batman #1 (1940) Laku Terjual Rp 30,8 miliar
Komik Batman #1 dari tahun 1940 sukses dilelang dengan angka Rp 30,8 miliar Foto: Istimewa
Jakarta -

Komik superhero di masa awal penerbitan selalu dicari kolektor seluruh dunia. Heritage Auction melaporkan komik pertama Batman yang terbit pada 1940 sukses dilelang dengan harga mencapai Rp 30,8 miliar.

Angka Rp 30,8 miliar tersebut menjadikan komik Batman #1 termahal yang pernah terjual di balai lelang. Komik berusia 80 tahun itu mendapat sertifikasi 9,4 dari CGC dan menjadi karya seni terlangka saat ini.

Dilansir dari The Hollywood Reporter, Jumat (15/1/2021), penampilan pertama dari Joker dan Catwoman menambah kelangkaan dan spesialnya komik tersebut.

"Penjualannya adalah yang pertama kalinya di era CGC dan menjadi salah satu dari lima masalah utama Zaman Keemasan yang terjual di pelelangan umum," tutur perwakilan Heritage Auction.

Menurut balai lelang, desain sampul Batman #1 tidak punya kekurangan apapun. Sampul depannya menarik untuk ditelisik, didominasi warna kuning dan rentan terhadap noda maupun debu.

"Apakah mungkin untuk punya salinan komik tanpa noda dan kotoran di bagian depan dan belakang? Ini adalah ujian dan salinan pertama komik Batman dari tahun 1940 sangat bagus," lanjut Heritage Auction.

Penjualan komik langka Batman melampaui komik DC lainnya yang sebelumnya terjual Rp 20 miliar dua bulan yang lalu. Salinan Batman tersebut bergabung dengan Action Comics #1 sebagai salah satu komik termahal yang pernah dilelang.

Kabarnya aktor Nicholas Cage juga menjadi kolektor dari komik-komik Batman sejak satu dekade yang lalu.

Di balai lelang Heritage Auction, komik Amazing Fantasy #15 karya Steve Ditko dan Stan Lee sukses dilelang dengan harga Rp 1 miliar. Komik Daredevil #1 juga dilelang Rp 1,4 miliar, dan Captain America Comics #1 senilai Rp 5,3 miliar.



Simak Video "Robert Pattinson Syuting The Batman Lagi Usai Sembuh dari Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)