11 Tahun Terbit, Manga Attack on Titan Berakhir April 2021

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 06 Jan 2021 14:02 WIB
Manga Attack on Titan Segera Berakhir Terbit di April 2021
Manga Attack on Titan terakhir terbit pada April 2021 Foto: Istimewa
Jakarta -

Penerbit Kodansha mengumumkan kabar menyedihkan bagi manga Attack on Titan. Setelah 11 tahun rilis, komikus Hajime Isayama akan mengakhiri komik yang terbit di Majalah Bessatsu Shonen Kodansha pada 9 April 2021.

Volume manga ke-34 sekaligus menjadi yang terakhir akan dikirimkan kepada para pembaca pada 9 Juni 2021.

Dilansir dari Anime News Network, Rabu (6/1/2021), Hajime Isayama mengatakan sejak 8 tahun yang lalu ia sudah niat untuk mengakhiri manga yang diciptakannya. Saat itu, ia mengatakan manganya akan selesai dalam waktu 3 tahun lagi.

Akhirnya janji tersebut bisa ditepati. "Manga Attack on Titan telah lama terbit, tapi saya harap kamu akan tetap bersama kami sampai akhir penerbitan," ungkap Hajime Isayama, dalam keterangannya seperti dilihat detikcom.

Ia menekankan manga Attack on Titan bukan tidak diperpanjang oleh departemen editorial penerbitnya, tapi dorongan 'kapan segera berakhir' itu terus memacu adrenalinnya.

"Maafkan saya, akhirnya harus selesai juga," tegas Hajime Isayama.

"Saya akan melakukan yang terbaru untuk episode final lalu kamu akan senang telah membacanya selama ini," sambungnya.

Penerbit Kodansha juga menggoda pembaca setia Attack on Titan tentang volume terakhir. Selama terbit, manga Attack on Titan telah beredar lebih dari 100 juta kopi di seluruh dunia.

Kabar mengenai berakhirnya Attack on Titan pernah dilontarkan sang komikus pada November 2020. Saat itu, ia menuturkan ceritanya tinggal dua persen lagi.

Hajime Isayama menerbitkan manga Attack on Titan di Majalah Bessatsu Shonen Kodansha pada 2009. Kodansha Comics merilis manga dalam bahasa Inggris secara digital dan cetak ke penjuru dunia.

Attack on Titan pun sukses diadaptasi ke anime, live-action, dan disukai oleh pencinta manga di Jepang dan mancanegara. Manga ini juga menginspirasi novel spin-off, video game, sampai anime.





Simak Video "Masashi Kishimoto Ambil Alih Manga Boruto"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)