Memoar Barack Obama Laku Terjual 1,7 Juta Eksemplar dalam Seminggu

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 25 Nov 2020 14:53 WIB
Former U.S. President Barack Obama and former first lady Michelle Obama react to the crowd during an unveiling ceremony for their portraits at the Smithsonians National Portrait Gallery in Washington, U.S., February 12, 2018. REUTERS/Jim Bourg
Memoar Barack Obama terjual 1,7 juta eksemplar Foto: Dok. REUTERS/Jim Bourg
Jakarta -

Buku memoar mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama, mencapai rekor sejarah industri buku AS. A Promised Land laku terjual 1,7 juta eksemplar di pekan pertama penerbitan.

Sampai sekarang, penjualannya meningkat tajam mencapai angka 4,3 juta eksemplar ditambah dengan buku audio dan digital.

Di akun Instagram pribadi, Barack Obama mengunggah proses kreatif dan perjalanan buku memoar A Promised Land yang menuai rekor.

"Halo semuanya, dalam beberapa tahun belakangan saya merefleksikan masa-masa kepresidenan dan dalam buku saya A Promised Land, saya mencoba jujur apa yang terjadi dalam hidup saya, kampanye presiden, dan waktu saya saat di Gedung Putih," ucap Barack Obama di akun Instagram, seperti dilihat detikcom, Rabu (25/11/2020).

"Saya harap kamu punya waktu untuk membaca buku saya dan semoga kamu bisa memberikan pertanyaan dan reaksi terhadap buku tersebut," lanjut Barack Obama.

Otobiografi Barack Obama itu rencananya terbit sebanyak dua volume. Bagian pertama rilis 17 November atau dua minggu setelah pengumuman Pilpres Amerika Serikat.

Di hari pertama, A Promised Land terjual hampir 890 ribu eksemplar. Di antara sejumlah tokoh yang menempati Gedung Putih, kesuksesan memoar Barack Obama seimbang dengan buku yang ditulis istrinya yang berjudul Becoming.

Memoar Becoming yang ditulis Michelle Obama diterbitkan pada 2018 dan terjual lebih dari 10 juta kopi di seluruh dunia dan saat ini ada di posisi 20 teratas situs Amazon.com.

[Gambas:Instagram]



Selain Barack dan Michelle Obama, memoar Decision Points karya George W Bush terjual 775 ribu eksemplar di pekan pertama. My Life yang ditulis Bill Clinton juga mencapai 1 juta dalam waktu 8 hari.

Kedua memoar mantan presiden AS itu saat ini masing-masing terjual 3,5 dan 4 juta eksemplar, jumlah yang dilampaui dengan mudah oleh Barack Obama di kategori nonfiksi.

Buku fiksi satu-satunya yang mencapai rekor dunia dengan mudahnya adalah serial Harry Potter and the Deathly Hallows karya JK Rowling yang terjual 8 juta kopi dalam 24 jam pertama. Bukunya rilis perdana pada 2007.



Simak Video "Playlist Lagu Barack Obama di Musim Panas"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)