Anies Baswedan: Jakarta Content Week Hadirkan Ekosistem Kreatif Digital

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 12 Nov 2020 09:37 WIB
Jakarta Content Week 2020
Gubernur Anies Baswedan mengatakan Jakarta Content Week mampu hadirkan konten kreatif digital saat pandemi Foto: Anies Baswedan. (Andika Prasetia/detikcom).
Jakarta -

Gelaran Jakarta Content Week atau Jaktent resmi dibuka pada Rabu (11/11/2020. Sebanyak 140 acara dari 300 narasumber bakal mengisi festival konten kreatif selama 5 hari penyelenggaraan.

Saat upacara pembukaan secara virtual, Jakarta Content Week dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim.

Gubernur Anies Baswedan, menuturkan Jakarta sebagai salah satu kota terbesar di Asia Tenggara punya peranan penting di perkembangan industri kreatif digital.



"Kami mendukung penuh acara Jaktent dengan berkolaborasi dengan talenta dan konten-konten kreator internasional," ungkapnya saat upacara pembukaan secara daring di YouTube Jakarta Content Week.

Menurut Anies, setiap sudut di kota Jakarta mampu menjadi kanvas untuk berkarya.

"Kehadiran Jaktent menghadirkan ekosistem kreatif digital di Indonesia dan menjadikan Jakarta sebagai rumah bagi konten kreator yang inovatif, kreatif, dan produktif," lanjut Anies.

Ketua Yayasan 17.000 Pulau Imaji sebagai penyelenggara Jakarta Content Week, Laura Bangun Prinsloo, mengatakan Jaktent tetap digelar saat pandemi dengan berbagai pertimbangan.

"Sejak awal tahun, kami sudah berkoordinasi dengan tim di Jakarta, Singapura, dan Berlin. Kami berbulan-bulan menyiapkan konsep seperti apa dan cukup berani untuk mengundang siapa pun dari banyak industri untuk terlibat," tutur Laura Bangun Prinsloo.



Jakarta Content Week pun diputuskan untuk digelar secara virtual serta mengakomodasi lebih dari 300 orang di bidang sastra, kuliner, costume player (cosplay), pameran, dan industri kreatif.

"Konsep ini yang ingin kami lanjutkan di tahun 2020 dengan memindahkan dari fisik ke virtual. Inilah alasan kami untuk membawa tim kepada tema Closer, untuk menghubungkan dari orang-orang industri kreatif dan membawa kita lebih dekat lagi," katanya.

Pada 11-15 November 2020, 300 narasumber itu bakal mengisi acara secara virtual dan berjumpa para penggemarnya. Acara yang tak kalah menarik adalah Cosplay Festival yang memperebutkan total hadiah Rp 10,5 juta.



Simak Video "Ini Daftar Film Agen Rahasia Wanita"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/srs)