Fenomena Buku tentang Donald Trump Tetap Rilis Usai Lepas Jabatan Presiden

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 10 Nov 2020 09:34 WIB
Sejak perhitungan suara pemilihan Presiden dan Wapres AS 2020 dimulai, ada saja cerita uniknya. Salah satunya adalah klaim kemenangan.
Buku soal Donald Trump Foto: AP Photo/Evan Vucci
Jakarta -

Selama empat tahun belakangan, industri penerbitan Amerika diisi oleh satu genre terbaru yang berkembang. Genre tersebut adalah buku-buku tentang Donald Trump.

Selepas Donald Trump menjabat sebagai orang nomor satu di AS, industri buku bakal tetap menerbitakn buku tentangnya. Pada 2021 dan seterusnya, gelombang perilisan buku soal Trump tentang kekalahannya dari kandidat Demokrat, Joe Biden, bakal rilis.

Dilansir dari AP, Selasa (10/11), buku soal Trump yang rencananya terbit adalah anti-Trump yang berjudul Preventable: The Inside Story of How Leadership Failures, Politics, and Selfishness Doomed the US Coronavirus Response.

Bukunya ditulis oleh mantan kepala kampanye Obamacare, Andy Slavitt. Wartawan New York Times, Jonathan Martin dan Alex Burns, juga menulis buku kampanye soal Trump di Pilpres 2020.

Mantan manajer kampanye Donald Trump yang bernama Brad Parscale dikabarkan sedang menulis memoar mengenai perjalanan selama kampanye viral Joe Biden dan Kamala Harris tersebut.

Pakar pro-Trump sampai mantan rekannya berbondong-bondong menulis buku soal sosok Donald Trump. Khususnya ketika ia kalah dari Joe Biden dan masih bersikukuh ada banyak kecurangan di Pilpres kali ini.

Sosok Donald Trump dianggap sebagai pemimpin kontroversial oleh dunia. Industri perbukuan di New York tidak dipenuhi oleh para penggemarnya.

"Tapi ada puluhan juta orang Amerika yang memandang kepresidenan Trump sebagai waktu yang penting," ungkap agensi sastra Javelin, Matt Latimer.

Penerbit Simon & Schuster adalah perusahaan yang merilis karya-karya buku Hillary Clinton. Tapi pada akhirnya juga menerbitkan buku soal Trump yang berjudul Crippled America yang terbit pada 2015.

Bahkan grup penerbitan Hachette menerbitkan buku yang ditulis Donald Trump Jr, Newt Gingrich, dan Hakim Jeanine Pirro.



Simak Video "Muncul Perdana Usai Kalah di Pilpres, Trump Hadiri Perayaan Veteran"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)