Festival KEMBALI20 Luncurkan Dokumenter Stories from the Field, Siap Nonton?

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 06 Nov 2020 09:23 WIB
Film Dokumenter Stories From the Field di Festival KEMBALI20
Foto: KEMBALI20/ Istimewa
Jakarta -

Festival KEMBALI20 yang digelar saat pandemi COVID-19 mencapai pekan terakhir dari penyelenggaraan. Di penghujung akhir pekan esok, ada film dokumenter Stories from the Field yang diproduseri Yayasan Mudra Swari Saraswati bakal diluncurkan pertama kalinya.

Dokumenter Stories from the Field menghadirkan dua cerita soal Pulau Dewata. Pada Sabtu (7/11) pukul 18.30 WITA, bakal ditayangkan episode Rumah Intaran & Pengalaman Rasa yang mengisahkan rumah ramah lingkungan yang dibuat oleh arsitek Gede Kresna di desa Bengkala, Buleleng, Bali Utara.

Episode kedua pada Minggu (8/11) pukul 19.30 WITA, diluncurkan dokumenter Our Vanilla tentang aroma vanilla yang menggoda dan menginspirasi pembuat film Dwitra J Ariana untuk menjadi petani vanili.

Program Manager dari Yayasan Mudra Swari Saraswati, Gustra Adnyana, mengatakan setiap tahunnya yayasan membuat dua festival yakni Ubud Food Festival dan Ubud Writers and Readers Festival.

"Sepanjang tahun merupakan hal yang sangat menyenangkan bagi kami untuk bertemu dan berkenalan dengan cerita-cerita baru dari para pembicara yang hadir di kedua festival ini. Banyak sekali topik-topik yang kami dapat dari pembicara yang hadir," tutur Gustra saat diwawancarai detikcom via surel.

Film Dokumenter Stories From the Field di Festival KEMBALI20Film Dokumenter Stories From the Field di Festival KEMBALI20 Foto: KEMBALI20/ Istimewa

Dengan hadirnya pandemi membuat penyelenggara punya waktu untuk melihat lebih dalam dan sejenak berpikir apa yang bisa dipersembahkan untuk Bali.

"Kami ingin menampilkan Bali seutuhnya, bukan hanya dalam suasana Ubud, Seminyak atau Kuta. Bali itu lebih dari apa yang dikenal," katanya.

Dia melanjutkan, "Kami ingin menampilkan bahwa Bali tetap kuat dan mampu bangkit dengan menampilkan sosok-sosok kuat dalam setiap cerita Stories from the Field."

Sepanjang September, penyelenggara membuat dokumenter dengan menjalani syuting yang sesuai protokol kesehatan pemerintah. "Jumlah tim yang kami batasi, penggunaan masker yang ketat dan pemeriksaan tim sebelum masuk ke desa atau lokasi syuting untuk menghindari hal buruk terjadi," tukasnya.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Status Masih Saksi, Artis Terduga Prostitusi Online Dipulangkan"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)