Nobel Sastra 2020 Diumumkan 8 Oktober, Siapa Saja Prediksinya?

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 02 Okt 2020 18:37 WIB
Akibat Skandal Pelecehan Seks, Akademi Swedia Tunda Pemberian Nobel Sastra Tahun Ini
Nobel Sastra 2020 Foto: DW (Soft News)
Jakarta -

Penghargaan Nobel Sastra segera diumumkan tahun ini pada 8 Oktober 2020. Meski pandemi COVID-19 masih mewabah di berbagai negara, Akademi Swedia sebagai penyelenggara tetap memberikan anugerah kepada sosok penting yang ada di dunia.

Pengumuman Hadiah Nobel dimulai pada 5 Oktober dengan memberikan kepada kategori kedokteran, fisika, kimia, dan ekonomi. Mereka yang menerima anugerah biasanya diberikan kepada tim peneliti yang bekerja keras selama beberapa dekade dan jauh dari pusat perhatian publik.

Kepala Yayasan Nobel, Lars Heikensten, menuturkan pandemi menjadi krisis besar bagi umat manusia.

"Saya harapkan tidak ada hadiah yang diberikan tahun ini untuk pekerjaan yang terkait langsung dengan virus tersebut. Karena penelitian pemenang Nobel biasanya membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk diverifikasi," tuturnya, dilansir dari berbagai sumber.

Pandemi COVID-19, lanjut dia, juga bakal mempengaruhi keputusan Akademi Swedia untuk Nobel Sastra.

"Ada banyak hal-hal lain yang dibicarakan lebih penting karena terdampak Corona, dibandingkan enam bulan lalu," lanjutnya.

Seperti biasanya, sejumlah nama sastrawan dan penulis masuk ke dalam bursa Nobel Sastra. Ada siapa saja yang diprediksi bakal menerima Hadiah Nobel Sastra?

Penulis Inggris Hilary Mantel adalah nama baru yang beredar untuk memperebutkan penghargaan bergengsi di dunia tersebut. Novelis asal Karibia-Amerika, Jamaica Kincaid, juga dikabarkan masuk ke dalam bursa.

Ia terkenal karena mengeksplorasi karya-karya bertemakan kolonialisme, rasialisme, dan gender.

"Jamaica Kincaid dan sikapnya terhadap berbagai permasalahan moral dan politik patut menjadi perhatian publik saat ini," tutur editor budaya harian terbesar di Swedia, Dagens Nyheter, yang memprediksi penerima Nobel Sastra 2020.



Nama-nama lama juga masuk dalam bursa, di antaranya adalah Peter Nadas dari Hungaria, Ismael Kadare dari Albania, Mircea Cartarescu asal Rumania. Ada juga nama penulis Amerika, Joan Didian.

Penyair asal Kanada Anne Carson juga masuk ke dalam prediksi tahun ini. Bersama dengan Ngugi wa Thiong'o dari Kenya, novelis asal Prancis Michel Houellebecq, Joyce Carol Oates dan Marilynn Robinson dari negeri Paman Sam, dan kembali hadir nama Margaret Atwood dari Kanada.

Setelah pengumuman Hadiah Nobel yang disiarkan secara daring pekan depan, upacara penganugerahan tidak bakal digelar di Stockholm pada Desember 2020. Pandemi COVID-19 menjadi alasan utamanya.



Simak Video "Penyair Amerika Raih Nobel Sastra 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)