Stephen King Puji Novel Terbaru JK Rowling Lebih Bagus

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 30 Sep 2020 11:27 WIB
JK Rowling
JK Rowling dipuji Stephen King Foto: IMDB/ Istimewa
Jakarta -

Penulis Stephen King kerap me-review berbagai novel maupun film yang ditonton. Tiba-tiba saja, penulis IT itu memuji novel terbaru JK Rowling, Troubled Blood, yang menuai kontroversi belakangan ini.

Hal tersebut dicuitkan Stephen King melalui akun Twitter pribadinya.

"TROUBLED BLOOD sama bagusnya atau lebih bagus dari seri novel Cormoran Strike/ Robin Ellicott lainnya. JK Rowling adalah pendongeng yang luar biasa dan penata gaya yang berbakat. Saya sangat suka yang ini (novel terbaru)," cuit Stephen King, seperti dilihat detikcom, Rabu (30/9/2020).

Pada Juni lalu, Stephen King adalah salah satu novelis yang tidak setuju dengan pendapat JK Rowling. Keduanya pernah berseteru di jagat maya mengenai kelompok LGBT.

Pertengkaran mereka dimulai ketika Stephen King berkicau, "Perempuan transgender adalah seorang perempuan."

Cuitan Stephen King merupakan respons dari kisruh yang pernah dilontarkan JK Rowling. Penulis Harry Potter itu dianggap antitransgender karena mengatakan perempuan transgender tidak bisa mengalami masa menstruasi dan tidak bisa disebut sebagai perempuan.

Gara-gara cuitan kontroversial, nama JK Rowling kembali diperdebatkan. Bahkan ia sampai menulis esai yang mengklarifikasi kabar tersebut dan menuliskan pengalaman mengalami KDRT dan pelecehan seksual di usia muda.

DUNDALK, MD - NOVEMBER 11:  Stephen King promotes DUNDALK, MD - NOVEMBER 11: Stephen King promotes "Under The Dome" at the North Point Boulevard Walmart on November 11, 2009 in Dundalk, Maryland. (Photo by Larry French/Getty Images) Foto: Getty Images

Pertengkaran di dunia maya itu juga sampai membuat JK Rowling berhenti mengikuti penulis bernama lengkap Stephen Edwin King tersebut.

Novel terbaru JK Rowling, Troubled Blood, adalah seri kelima dari detektif Cormoran Strike yang terbit pertengahan September. Troubled Blood itu memicu kontroversi karena JK Rowling menuliskan karakter pembunuh yang mengenakan pakaian perempuan.

Meski dicaci maki, novel Troubled Blood masih menempati posisi pertama di industri buku Inggris.

Dilansir dari berbagai sumber, penjualan resmi novel Troubled Blood menurut data Nielsen BookScan berada di posisi pertama industri buku Inggris. Selama 5 hari sampai 19 September, novelnya sukses terjual 64.633 eksemplar.

Menurut Bookseller, penjualan buku Troubled Blood sejauh ini adalah yang terbesar untuk nama samaran Robert Galbraith atau JK Rowling. Angkanya pun dua kali lipat lebih tinggi penjualannya ketimbang Lethal White.



Simak Video "Di Balik RIP JK Rowling yang Bergema di Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)