IIBF 2020 Resmi Dibuka Secara Virtual, Siap Meriahkan?

Tia Agnes - detikHot
Senin, 28 Sep 2020 12:38 WIB
Pembukaan Indonesia International Book Fair (IIBF) 2020 Edisi Virtual
IIBF 2020 Edisi Virtual Resmi Dibuka Secara Daring Foto: Tia Agnes/detikHOT
Jakarta -

Ajang Indonesia International Book Fair (IIBF) 2020 resmi dibuka secara virtual. Ada 1 juta buku yang tersedia, 75 mata acara dari 120 narasumber dalam negeri dan mancanegara selama penyelenggaraan 10 hari. Siap meriahkan?

Ketua Panitia IIBF 2020 edisi virtual, Arys Hilman, mengatakan dalam sejarah panjang IIBF selama 40 tahun penyelenggaraan, pameran buku tahunan kembali hadir dengan semangat yang sama.

"Edisi virtual ini mencoba untuk menghadirkan eksperimen festival yang 100 persen melalui gawai. Ternyata peluang baru yang tak dibatasi oleh jarak geografis ini adalah transformasi kedua kami, tak hanya untuk pencinta buku dari Jakarta tapi dari Aceh sampai Manado," tutur Arys Hilman saat sambutan pembukaan IIBF 2020 edisi virtual melalui Zoom, seperti dilihat detikcom, Senin (28/9/2020).

IIBF edisi virtual menyajikan 175 stand yang juga bisa dilihat secara daring. Stan-stan yang terdapat katalog buku yang dipamerkan juga bisa dilihat oleh pengunjung dunia maya.

"Kita juga berharap penjualan rights bisa sukses dari tahun lalu, dibeli, dan diterjemahkan ke dalam bahasa negara lain," sambungnya.

Pembukaan Indonesia International Book Fair (IIBF) 2020 Edisi VirtualPembukaan Indonesia International Book Fair (IIBF) 2020 Edisi Virtual Foto: Tia Agnes/detikHOT

Ketua Umum IKAPI, Rosidayati Rozalina, menuturkan meski penyelenggaran tetap digelar di masa pandemi COVID-19, pihaknya tetap bersemangat.

"Edisi virtual ini punya kelebihan lain, yakni kita tidak perlu repot keluar rumah untuk membeli buku. Sudah tersedia selama 24 jam. Kami harap jadi solusi bagi penerbit yang mengalami kemerosotan penjualan akibat pandemi, karena toko buku, kampus, atau kantornya tutup sementara waktu," tuturnya.

IIBF edisi virtual juga menghadirkan 10 negara yang berpartisipasi. Di antaranya adalah China, Malaysia, Thailand, Amerika Serikat, Iran, India, Inggris hingga Turki.

Selain itu, IIBF 2020 edisi virtual juga memberikan penghormatan terhadap tiga sosok yang berjasa di bidang literasi. Mereka adalah sastrawan Sapardi Djoko Damono, Ajip Rosidi, dan pendiri Kompas Gramedia Group, Jakoeb Oetama.

Di hari pembukaan IIBF edisi virtual juga diumumkan mengenai pemenang dari IKAPI Awards. Siapa saja penulis yang menang?

Simak artikel berikutnya.



Simak Video "Momen Haru Istri Sapardi Djoko Damono Terima Penghargaan IKAPI"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)