IIBF 2020 Edisi Virtual Tribute untuk Sapardi Djoko Damono hingga Jakob Oetama

Tia Agnes - detikHot
Jumat, 25 Sep 2020 09:22 WIB
Indonesia International Book Fair (IIBF) 2020 Digelar Virtual
IIBF 2020 edisi virtual tribute untuk Sapardi Djoko Damono hingga Jakob Oetama. Foto: IIBF 2020/ Istimewa
Jakarta -

Kemeriahan ajang Indonesia International Book Fair (IIBF) 2020 akan dibawa ke panggung virtual. Festival buku tahunan yang digelar oleh Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) digelar pada 28 September sampai 7 Oktober 2020.

IIBF 2020 edisi virtual bakal menampilkan 150 stan virtual yang bisa dilihat di website festival. Pengunjung bakal melihat penampakan tampak depan Jakarta Convention Center (JCC) yang menjadi lokasi penyelenggaraan pameran buku sejak 2014.

Setiap stan virtual yang dihadirkan akan memuat keterangan stan bersama dengan katalog buku yang dipamerkan. Ketua panitia IIBF 2020, Arys Hilman, menuturkan setiap katalog buku bakal bisa dibaca oleh pengunjung secara virtual.

"Ini tantangan sekaligus peluang buat kami. Kalau dahulu kita selalu mengusung its a book affair, sekarang its a book e-fair. Kemeriahan festival kami bawa ke virtual supaya nuansa pameran buku terasa," ungkap Arys saat jumpa pers pada Kamis (23/9/2020).

Arys juga menceritakan IIBF edisi virtual akan menghadirkan 75 penulis di 75 mata acara sepanjang 10 hari penyelenggaraan. Acara khusus tahun ini adalah memberikan tribute kepada tiga sosok sastrawan dan tokoh literasi yang mendukung dunia penerbitan.

Mereka adalah Sapardi Djoko Damono, Ajip Rosidi, dan pendiri Kompas Gramedia Group Jakob Oetama.

"Kami ingin mengenang para tokoh yang meninggal tahun ini dan berjasa di dunia buku. Akan ada acara tribute untuk Pak Sapardi Djoko Damono, ada 12 penyair dan pelaku seni yang akan membacakan syair-syairnya di tanggal 29 September," ungkapnya.

Untuk sosok Ajip Rosidi yang dikenal sebagai penulis produktif lebih dari 100 judul buku akan membuat tribute talk show. Tribute ketiga diberikan kepada sosok Jakoeb Oetama yang digelar pada 2 Oktober 2020.

Selain itu, penulis yang bakal berpartisipasi lainnya adalah Dee Lestari, Renald Kasali, Kang Maman, Agus Noor, Melanie Budianta, Hawe Setiawan, Fahd Pahdepie, Ratih Kumala, Asma Nadia, Franka Soerya, dan lain-lain.


IKAPI Awards Tetap Digelar

Meski diselenggarakan secara virtual, IIBF tetap memberikan penghargaan tahunan yang diumumkan saat hari pembukaan. Anugerah bernama IKAPI Awards akan kembali hadir dengan satu kategori terbaru.

Ketua Umum IKAPI, Rosidayati Rozalina, mengatakan IKAPI Awards bakal diumumkan pada 28 September 2020. Jika tahun-tahun sebelumnya, ada kategori buku, penulis, dan promotor literasi terbaik, maka tahun ini ada tambahannya.

"Tahun lalu kami menambahkan rookie of the year atau pendatang baru. Tahun ini akan ada lifetime achievement, siapa saja pemenangnya akan ada di acara opening nanti," tukasnya.



Simak Video "Jenazah Jakob Oetama Dihantar ke Persemayaman di Kompas Gramedia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)