Tuai Kontroversi, Novel Shine Karya Jessica Jung Ditunda Rilis di Korea

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 24 Sep 2020 14:36 WIB
JERSEY CITY, NJ - JUNE 03:  Singer and songwriter Jessica Jung attends The Tenth Annual Veuve Clicquot Polo Classic at Liberty State Park on June 3, 2017 in Jersey City, New Jersey.  (Photo by Andrew Toth/Getty Images for Veuve Clicquot)
Novel Jessica Jung ditunda perilisannya di Korea Selatan Foto: Getty Images
Jakarta -

Setelah menuai kontroversi di berbagai forum, novel Jessica Jung yang berjudul Shine akhirnya ditunda penerbitannya. Perusahaan penerbitan RH Korea mengumumkan alasan ditunda karena alasan internal.

RH Korea juga buka suara mengenai kontroversi yang terjadi jelang perilisan novel Jessica Jung. Mereka mengatakan gambar sampul dan deskripsi novel yang ditemukan di berbagai portal online bukanlah versi final.

"Novel Shine bukanlah otobiografi, tapi karya fiksi dari imajinasi penulis," tulis RH Korea, dilansir dari AllKpop, Kamis (24/9/2020).

RH Korea juga menjawab rumor mengenai adaptasi novel Shine ke layar lebar. Mereka menegaskan belum ada konfirmasi mengenai hal tersebut.

"Jessica tidak ingin mempromosikan dirinya sebagai mantan anggota Girls Generation tapi sebagai novelis yang baru memulai debutnya atas nama Jessica," lanjut RH Korea.

Awal bulan ini, tanggal publikasi untuk novel Shine karya Jessica seharusnya digelar pada 29 September. Gambar dari sampul novel sudah dijual di situs penjual toko buku online, tapi ternyata ada deskripsi yang menerangkan kalimat 'otobiografi Jessica'.

Hal ini menimbulkan masalah di antara netizen, termasuk penggemar Girls Generation. Mereka mengklaim Jessica berusaha memberikan testimoni yang buruk soal mantan agensinya serta mantan grup untuk ketenarannya sekarang.

Bahkan deskripsi yang tadinya menjadi kontroversi kini berubah menjadi novel debut Jessica. RH Korea pun mengumumkan menunda tanggal perilisan novel Shine, dan sampai sekarang belum diumumkan.

Novel Jessica JungNovel Jessica Jung berjudul Shine Foto: AllKPop/ Istimewa

Novel Shine menjadi pembicaraan setelah hak cipta penerjemahan akan rilis ke dalam 11 bahasa lainnya termasuk Korea, Brasil, dan Indonesia. Novelnya juga kabarnya segera diadaptasi menjadi layar lebar.

Shine menceritakan tentang kehidupan perempuan muda bernama Rachel Kim. Ia bermimpi menjadi bintang K-Pop terkenal.

Rachel Kim pun masuk ke dalam agensi DB Entertainment dan memulai hidupnya sebagai seorang trainee. Novel ini juga mengungkap kisah cinta dan konflik saat Rachel Kim bertemu dengan selebriti papan atas, Jason Lee.



Simak Video "Jessica Jung Eks SNSD Lagi di Jakarta Loh!"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)