Novel Jessica Jung Tuai Kontroversi, Diduga Terkait dengan Girls Generation

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 19 Sep 2020 17:03 WIB
jessica jung ex snsd
Novel Jessica Jung tuai kontroversi. (Foto: Instagram @jessica.syj)
Jakarta -

Jessica Jung, yang keluar dari grup Girls Generation pada 2014, baru saja merilis novel di Korea Selatan. Novel berjudul Shine juga disambut positif jelang perilisan di Indonesia yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama (GPU).

Setelah penerbitan novel Shine di Korea, banyak pengguna internet curiga dengan alur ceritanya. Sebagian besar bertanya, "Apakah Anda (Jessica Jung) menggunakan novel ini untuk mengekspos Girls Generation?"

Dalam ulasan berbahasa Inggris yang ditulis seorang netizen, seperti dilansir dari AllKPop, ia mengatakan sampul versi luar negeri ada yang berkaitan dengan Girls Generation.

Salah satu contohnya adalah sampul versi bahasa Thailand yang menggambarkan light stick resmi Girls Generation. Secara khusus, fans bereaksi negatif.

Fans Girls Generation menyatakan, "Bukankah ini light stick yang dirilis setelah Jessica keluar dari Girls Generation? Jadi seharusnya tidak ada hubungannya dengan Jessica."

Di sampul berbahasa Brasil lainnya yang dipilih Jessica Jung melalui kompetisi yang melibatkan penggemar, gambarnya mengingatkan pada single digital Girls Generation yang berjudul That Summer.

Gambarnya juga mirip dengan album kedua Girls Generation yang berjudul Oh!. Seorang netizen mengatakan, "Saya tidak mengerti mengapa Jessica memilih gambar sampul ini yang membuat orang mengingat Girls Generation padahal sudah tidak ada hubungan sama sekali."

Jessica Jung diketahui debut dengan Girls Generation pada 2007, tapi meninggalkan grup di tahun 2014. Sejak itu, ia melanjutkan karier sebagai penyanyi, aktris, pengusaha, dan influencer.

Novel untuk pembaca remaja Shine menceritakan tentang kehidupan perempuan muda bernama Rachel Kim. Ia bermimpi menjadi bintang K-Pop terkenal.

Rachel Kim pun masuk ke dalam agensi DB Entertainment dan memulai hidupnya sebagai seorang trainee. Novel ini juga mengungkap kisah cinta dan konflik saat Rachel Kim bertemu dengan selebriti papan atas, Jason Lee.

Novel Shine menjadi pembicaraan setelah hak cipta penerjemahan akan rilis ke dalam 11 bahasa lainnya termasuk Korea, Brasil, dan Indonesia. Novelnya juga dipastikan segera diadaptasi menjadi layar lebar.

(tia/mau)