Milan Kundera Raih Penghargaan dari Republik Ceko

ADVERTISEMENT

Milan Kundera Raih Penghargaan dari Republik Ceko

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 23 Sep 2020 15:08 WIB
Penulis Milan Kundera
Penulis Milan Kundera sebelah kanan Foto: Remy Vlachos/CTK via AP
Jakarta -

Penulis Milan Kundera yang terkenal lewat buku-buku yang menyerukan kebenaran dan kemerdekaan meraih penghargaan bergengsi dari Republik Ceko.

Ia memenangkan penghargaan sastra paling bergengsi di Republik Ceko, yakni Hadiah Franz Kafka. Selama 40 tahun, sang novelis berada di pengasingan dan akhirnya mendapatkan kewarganegaraannya kembali tahun lalu.

Penghargaan Franz Kafka diselenggarakan oleh Franz Kafka Society dan kota Praha. Ketua Masyarakat Hadiah Franz Kafka, Vladimir Železný, mengatakan Milan Kundera menang karena kontribusi yang luar biasa terhadap budaya Ceko.

"Namanya berjasa dalam budaya Eropa dan dunia. Kontribusinya juga berjasa terhadap budaya Ceko," ucap Vladimir, dilansir dari berbagai sumber, Rabu (23/9/2020).

Milan Kundera yang kini berusia 91 tahun dihubungi pihak penyelenggara dan mengatakan senang karena menerima penghargaan.

"Dia mengatakan akan menerimanya dengan senang hati karena mengagumi sosok penulis besar Franz Kafka," lanjutnya.

Pada 1950, Milan Kundera diusir dari negaranya karena kegiataan antikomunis. Ia menjadi tokoh yang dibenci negara dan akhirnya melarikan diri ke Prancis pada 1975.

Dua tahun berikutnya, status warga negaranya pun dicabut. Frans Kafka berada di pengasingan selama puluhan tahun.

Novel The Book of Laughter dan Forgetting menceritakan tentang Presiden Ceko saat itu Gustav Husak sebagai presiden pelupa. Pad 1981, ia menjadi warga negara Prancis.

Karya-karya terkenal seperti The Unbrearable Lightness of Being dan Immortality kembali melambungkan namanya. Sejak tahun 1988, ia menulis novel dalam bahasa Prancis.

Tahun lalu, Duta Besar Republik Ceko untuk Prancis menyerahkan kembali sertifikat kewarganegaraan kepada sang novelis di Paris. Kembalinya status sebagai warga negara Republik Ceko merupakan simbol hadirnya kembali Milan Kundera di kampung halamannya.

Awal bulan ini, Milan Kundera memberikan izin untuk novel terbarunya The Festival of Insignificance untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Ceko. Buku itu yang pertama kalinya diizinkan sejak tahun 1993.



Simak Video "Erina Gudono Ceritakan Perjuangan saat Foto Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT