detikHot

book

Penulis Milan Kundera Kembali Jadi Warga Negara Republik Ceko

Rabu, 04 Des 2019 11:17 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Remy Vlachos/CTK via AP Foto: Remy Vlachos/CTK via AP
Jakarta - Novelis Milan Kundera yang dikenal lewat novel 'The Unbearable Lightness of Being' kembali diberikan kewarganegaraan Republik Ceko. Status warga negara sesuai tanah kelahirannya itu hilang 40 tahun yang lalu.

Duta Besar Republik Ceko untuk Prancis, Petr Drulak, mengatakan sertifikat warga negara itu diberikan pada sang novelis minggu lalu di kediamannya di Paris. Jalan panjang Milan Kundera untuk mendapatkan kembali kewarganegaraannya butuh usaha besar.



Dilansir dari AFP, Rabu (4/12/2019), Milan Kundera melarikan diri dari komunis Cekoslowakia dan tinggal di Prancis sejak tahun 1975. Empat tahun berikutnya, ia menjadi warga negara Prancis.

Paham komunis yang ada di Ceko runtuh setelah empat dekade dan resmi menjadi Republik Ceko pada 1993. Salah satu majalah lokal pernah memberitakan tentang kemungkinan Milan Kundera menjadi informan polisi selama masa komunis, namun ia membantahnya.

Di Prancis, ia menulis dan menerbitkan buku-buku. Di antaranya adalah buku 'The Book of Laughter and Forgetting', 'The Art of the Novel', dan 'Immortality'.

Selama 40 tahun, pria yang berusia 90 tahun itu hidup dalam pengasingan virtual dan tidak pernah pulang ke Ceko serta tak pernah diwawancarai media.


Simak Video "Kontroversi Razia Buku Kiri"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com