Dee Lestari Nilai Novel Pemenang Kompetisi Kwikku Ide Ceritanya Menarik

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 02 Sep 2020 14:06 WIB
Platform Digital Kwikku
Platform Kwikku.com Foto: Istimewa/ Kwikku
Jakarta -

Kompetisi novel dan webtoon dari kwikku.com selesai digelar. Novel berjudul Sriti Wani karya Alim Bakhtiar memenangkan juara pertama dan memenangkan hadiah Rp 200 juta.

Tim dewan juri novel, Dee Lestari, menuturkan penilaian yang diberikan tiap juri berbeda-beda. Tapi pemenang yang diumumkan kwikku.com unik dan menarik ide ceritanya.

"Bisa saya simpulkan ketiga novel ini masuk ke dalam 3 kategori yaitu penguasaan bahasa, ide cerita, dan eksekusi penulisannya. Penguasaan bahasanya cukup bagus, eksekusi idenya cukup konsisten, dan ide ceritanya cukup menarik," kata Dee Lestari dalam keterangan yang diterima detikcom.

Dee Lestari setuju dengan perkataan salah satu tim juri lainnya yakni A Fuadi. "Ada pembaruan di sana," lanjut Dee.

Penulis Aroma Karsa itu menuturkan setelah penguasaan bahasa dan ide cerita, seorang penulis penting untuk mengeksekusi idenya tersebut.

"Konsisten atau tidak, punya kepekaan pada tempo, ceritanya unik atau tidak. Karena sebenarnya tidak ada yang baru tapi bagaimana mereka mengeksekusi tulisan tersebut, dari keunikan masing-masing," kata Dee Lestari.

Di kategori novel, selain juara pertama Alim Bakhtiar pemenang lainnya yang menang adalah Panji Pratama dengan novel Perkamen Sanada. Juara ketiga diraih oleh novel berjudul KHUDR karya Azri Zakkiah.

Sedangkan untuk lomba Webtoon, dewan juri sepakat memilih komik berjudul Cinta Bukan Pemeran Utama karya Kyriepoda sebagai pemenang pertama dan berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp 100 juta.

Sedangkan juara kedua terpilih komik berjudul Lelaki Koin karya Octo Baringbing, dan berhak mendapatkan hadiah Rp 50 juta. Sedangkan juara ketiga terpilih novel berjudul Heart Shaped Metal, dan berhak mendapatkan hadiah Rp 25 juta.

"Ekspetasi saya yah, terutama ketiga ini sangat memenuhi syarat webtoon yang dari segi cerita cukup fresh, tapi dari segi tema tetap popular. Kita pun yang baca cukup menarik," pungkasnya.



Simak Video "Siapkan Stamina, Ini Kiat-kiat Menulis dari Dee Lestari"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)